Mohon tunggu...
Nur Rahayu Igfirliyana
Nur Rahayu Igfirliyana Mohon Tunggu... Mahasiswa

High hopes for better days☀

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Belajar Sambil Mendengarkan Musik? Seru Juga!

18 Juni 2021   06:22 Diperbarui: 21 Juni 2021   06:29 68 2 0 Mohon Tunggu...

Menurut pendapat Soeharto. M dalam buku "Kamus Musik" (1992 : 86) Pengertian musik adalah pengungkapan melalui gagasan melalui bunyi, yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa gagasan, sifat dan warna bunyi.

Sudah hal yang lumrah jika seseorang belajar sambil mendengarkan musik. Musik bukan sekedar seni, namun sebagai bahasa universal yang di sampaikan seseorang sehingga orang lain yang mendengarkan juga dapat merasakan hal yang sama.  Beragam penelitian di dunia menunjukan bahwa mendengarkan musik selain memberikan efek kesenangan, juga digadang-gadang memiliki efek kesehatan untuk tubuh baik secara fisik maupun mental. Utamanya bagi kesehatan otak.

Bagi sebagian pelajar, kesehatan mental dan fisik sangatlah penting agar mampu menjalani hari-hari yang ada. Dengan rutinitas belajar baik di sekolah, rumah, tempat les atau bimbel dan lain sejenisnya yang padat seringkali membuat pelajar mengalami stress. Saat merasa lelah serta penat akan pelajaran, mendengarkan musik merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk mengisi energi kembali. 

Beberapa manfaat yang didapat ketika belajar sambil mendengarkan musik,

Menurunnya Tingkat Stres

Dengan mendengarkan musik, seseorang akan merasa jauh lebih baik dari suasana hati sebelumnya. Efeknya suasana belajar menjadi terasa mudah dan menyenangkan.

Membangun Motivasi

Musik merupakan cara seseorang mengekspresikan apa yang ia rasa. Musik akan membantu menstimulasi untuk mengoptimalkan kinerja otak sehingga anak yang suka mendengar musik sambil belajar akan cenderung lebih kreatif dalam berfikir dibandingkan anak-anak yang tidak suka mendengarkan musik. Dengan begitu, seseorang akan mudah termotivasi serta menjadi lebih kreatif lagi.

Meningkatkan Fokus dan Daya Ingat

Menurut beberapa studi, musik khususnya musik klasik dapat membantu otak untuk menyerap dan menafsirkan informasi baru dengan lebih mudah. Relaksasi dari mendengarkan musik akan meningkatkan fokus dan memudahkan serta membantu otak untuk memproses penyerapan lebih banyak informasi. Beberapa penelitian menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara kebiasaan mendengarkan musik saat belajar dengan meningkatnya daya ingat. Hal ini karena musik dapat mempengaruhi saraf dan mengoptimalkan kinerja otak untuk dapat mengingat dengan lebih baik.

Meningkatkan Kinerja Otak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x