Mohon tunggu...
Nurhuzaifah Amini
Nurhuzaifah Amini Mohon Tunggu...

Kalau hanya tenang dan mengikuti arus,ikan mati pun bisa,Kawan !!!

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Moody?

11 November 2014   07:12 Diperbarui: 17 Juni 2015   18:06 8105 0 0 Mohon Tunggu...

Moody ?

Tau ga apa itu moody  ?

Orang - orang sering menyebut istilah moody, seperti salah satu teman saya. Dia selalu menyebut dirinya moody-an. Katanya, moodnya itu sangat gampang untuk berubah dan naik turun. Dia sangat sensitif terhadap hal - hal kecil. Seperti contohnya, dia ditegur sama teman yang lain mengenai make upnya,dia langsung berubah jadi uring - uringan kepada semua orang bukan hanya pada orang yang menegurnya. Namun tak lama setelah moodnya jelek, ketika diajak dan ditraktir makan sama teman yang lain dia langsung berubah. Moodnya langsung naik drastis. Dan seakan akan tidak terjadi apa - apa sebelumnya.Dan ini sudah berlangsung sejak lama semenjak saya mengenalnya.

Dalam dunia anak zaman sekarang istilah moody adalah sebutan yang diberikan kepada orang mengalami mood tidak stabli atau naik turun. Sedangkan dalam ilmu psikologi, istilah moody sebenarnya tidak pernah ada.Itu hanya istilah gaul yang digunakan oleh anak remaja. Dalam psikologi, orang yang mengalami mood yang naik turun disebut mood disorder atau gangguan mood. Gangguan mood ini juga banyak macamnya. Semisal contoh kasus Marshanda. Artis Marshanda tau kan guys ? hehe.. jadi kan dia didiagnosa mengalam gangguan bipolar. Gangguan bipolar ini berhubungan dengan mood. Bipolar itu merupakan salah satu bentuk gangguan mood dimana orang mengalami mood yang naik dan turun namun dalam waktu yang singkat. Perubahan mood yang terjadi sangat drastis. Ketika moodnya sedang naik, dia akan sangat bahagia dan dia berpikir tidak ada orang yang sebahagia dia di dunia ini. Namun, ketika dia sedih dia akan merasa bahwa dialah orang yang paling menyedihkan di dunia ini. Sehingga ia bisa melakukan hal - hal aneh diluar perkiran manusia.

Berbeda lagi dengan kasus teman saya yang sebelumnya. Dia juga mengalami perubahan mood yang naik dan turun tapi tidak drastis. Dan masalah waktu, dia berlangsung sudah sejak lama. Dalam ilmu psikologi ini disebut depresi Cychotimic. Depresi Cychotimic merupakan salah satu bentuk gangguan mood bipolar (naik turun) tapi berlangsung dalam waktu yang lama. Sehingga berbeda antara gangguan bipolar dan depresi cychotimic.

Dan sampai saat ini, orang awam meyamakan semua gangguan mood sebagai sebuah gangguan yang biasa. Malah kadang ada yang merasa bangga dengan memiliki sifat moody. Padahal sebenarnya ini bisa jadi masalah yang berbahaya karena apabila tidak ditangani secara cepat dan tepat bisa jadi dia ketika dia tidak mampu mengotnrol sifat moodyan-nya tersebut , dia dapat melakukan hal -  hal yang bisa merugikan dirinya sendiri.

VIDEO PILIHAN