Mohon tunggu...
Iffat Mochtar
Iffat Mochtar Mohon Tunggu... Profesional dan Traveller

Country Manager di sebuah Perusahaan Swasta Asing yang bergerak di sektor Pertambangan. Berdomisili di kota minyak Balikpapan, Kalimantan Timur. Memiliki banyak ketertarikan di bidang marketing, travelling, kuliner, membaca dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Sensasi Strike Memancing Ikan Sturgeon di Kanada

28 Oktober 2020   08:00 Diperbarui: 6 November 2020   15:47 245 17 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sensasi Strike Memancing Ikan Sturgeon di Kanada
dok. pribadi

Jenis seperti Apa sih Ikan Sturgeon Itu?

Menyebutkan nama ikan Sturgeon mungkin masih terasa asing di telinga kita karena memang ikan tersebut tidak hidup di perairan tropis seperti di Indonesia dan ikan tersebut bukan merupakan ikan konsumsi. 

Tetapi bagi yang gemar menonton acara memancing di channel National Geographic atau yang biasa menonton Youtube mengenai memancing mungkin pernah melihatnya. Tadinya saya pun sama sekali tidak mengetahuinya apalagi melihatnya secara langsung. 

Ikan Sturgeon ini sebenarnya ikan yang hidup di sungai-sungai di bagian utara negara Kanada di dekat Alaska. Ikan Sturgeon sangat dilindungi di sana dan harus mendapatkan izin khusus atau sertifikat untuk memancing yang dikeluarkan oleh Otoritas Perikanan di Kanada khususnya bagi para pemancing yang berasal dari luar negara Kanada. 

Pemancingan ikan Sturgeon di Kanada sudah dijadikan semacam destinasi wisata memancing khususnya bagi para pemancing mania. Untuk mendapatkan sertifikat memancing tersebut kita bisa melakukan booking melalui Agen atau Boat Charters yang khusus mengelola pemancingan di sana dan Anda bisa mencarinya lewat internet atau bisa googling untuk membantu Anda mencari informasi lebih lanjut.

Dokpri. Strike Pertama Ikan Sturgeon Di Sungai Chilliwack
Dokpri. Strike Pertama Ikan Sturgeon Di Sungai Chilliwack

Ikan Sturgeon terkenal dengan telurnya yang dinamakan dengan Caviar. Telur ikan Sturgeon ini sangat mahal harganya apalagi yang berwarna hitam dan biasanya dijadikan produk makanan seperti untuk isian sandwich atau burger.

Caviar yang dijual di pasaran biasanya diambil dari ikan Sturgeon yang sudah dibudidayakan atau diternakkan bukan diambil dari Sturgeon yang masih hidup di sungai-sungai, hal ini untuk melindungi populasi ikan Sturgeon yang hidup di alam.

Bentuk ikan Sturgeon hampir mirip dengan ikan hiu yang biasa kita lihat, terdapat semacam duri-duri tebal di kedua sisi badannya dan punggungnya tetapi duri tersebut tidak terlalu tajam namun kita tetap harus berhati-hati dan dianjurkan untuk menggunakan sarung tangan yang tebal pada saat mengangkatnya. 

Pemancingan ikan Sturgeon ini hanya untuk rekreasi saja bukan untuk dikonsumsi sehingga begitu kita mendapatkannya harus segera di-release kembali ke habitatnya aslinya, jadi hanya dibolehkan catch & release saja.

Dokpri. Strike Kedua Ikan Sturgeon
Dokpri. Strike Kedua Ikan Sturgeon

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN