Mohon tunggu...
Ifa Zr
Ifa Zr Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Apa Itu Makanan Sehat Bergizi?

19 Juli 2017   21:13 Diperbarui: 19 Juli 2017   22:43 47369 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Itu Makanan Sehat Bergizi?
kitchen1014.com

Makanan sehat merupakan makanan yang bebas dari bahan berbahaya dan mengandung gizi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Bahan berbahaya yang dimaksud seperti pewarna msi, pengawet dan pemanis buatan. Sedangkan, gizi yang bermanfaat bagi tubuh seperti yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, air, dan mineral.

Makanan bergizi merupakan makanan yang memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh kita. Tuhan menciptakan manusia dengan susunan yang sebegitu sempurna sehingga memerlukan pula zat gizi yang lengkap sebagai penyusunnya (protein, karbohidrat, lemak, vitamin, air dan mineral). Makanan bergizi itu tidak perlu dan tidak selalu mahal, tapi harus sehat dan bergizi yang juga mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh kita, seperti :

  • Karbohidrat, yang akan dipecah oleh tubuh kita menjadi sumber energi
  • Protein, yang dibutuhkan tubuh kita sebagai zat pembangun tubuh dan memperbaiki jaringan yang rusak
  • Lemak, sebagai cadangan energi dan pelarut vitamin A, D, E, K
  • Vitamin dan Mineral, yang menjaga daya tahan dan kesehatan tubuh
  • Air, yang sangat baik manfaatnya apabila dikonsumsi 7-8 gelas/hari
  • Serat, yang dapat diperoleh dari sayuran dan buah-buahan yang bermanfaat menjaga kesehatan dan pencernaan tubuh kita

Mengapa makanan sehat dan bergizi itu penting ? Karena makanan sehat bergizi dapat mencegah kita dari terserangnya penyakit seperti diare, diabetes mellitus, jantung, tifus, dan juga kolesterol. Prinsip gizi seimbang dapat kita terapkan dengan menyantap makan-makanan 4 sehat 5 sempurna.

fantasticpixcool.com
fantasticpixcool.com
Dengan begitu kita perlu mengetahui bagaimana mengolah makanan yang sehat. Berbagai jenis makanan dapat diolah menjadi berbagai jenis produk yang lebih tahan lama masa simpannya dan bernilai ekonomis misalnya, daging dapat diolah menjadi bakso, sosis, dan nugget. Namun, juga perlu diperhatikan cara pembuatan dan bahan tambahan pangan yang digunakan. Pengolahan lauk pauk harus dimasak sampai benar-benar matang karena dapat mengandung parasit dan kuman berbahaya. Tak perlu khawatir pemanasan suhu yang tinggi dan penggorengan tidak banyak mengubah nilai gizi protein.

Adapun cara mengolah sayuran yang sebaiknya disimpan disuhu dingin. Dalam mengolah sayuran ada baiknya kita mencuci terlebih dahulu sayuran dengan air mengalir sebelum dipotong untuk mempertahankan zat gizinya. Untuk pengolahan sayuran sendiri sebaiknya tidak dalam waktu yang lama untuk menjaga kandungan vitaminnya kira-kira 5-10 menitan. Ada baiknya warna sayur yang sudah diolah masih tetap cerah. Mengukus juga merupkan metode memasak sayuran yang paling sehat, karena cara ini lebih mempertahankan gizi dan mematangkan sayuran dalam waktu yang singkat. Alangkah baiknya jika ingin merebus sayuran maka panaskan dulu airnya sampai mendidih baru masukkan sayur dalam beberapa menit.

Adapun cara menentukkan buah yang paling baik adalah buah yang masih segar dan sedikit diolah. Buah dan sayur dapat dijadikan garnish makanan. Buah juga dapat diolah menjadi manisan dan jus. Dalam makanan pokok, penelitian menemukan bahwa terjadi penurunan yang signifikan terhadap zat-zat gizi (kadar protein, pati, gula reduksi) apabila nasi disimpan dalam magic jar selama 12 jam sampai 24 jam. Penelitian juga menemukan bahwa susu dan jus yang didiamkan dalam suhu kamar akan bersifat asam dan menjadi media tumbuh kembang kuman dan bakteri. Maka dari itu segera habiskan susu dan jus sebelum 2 jam.

Sumber (Kurniati dwi utami, S.Gz, M.PH, lecturer in public health, nutrition)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x