Mohon tunggu...
Ifa Wasiatun Hikmah
Ifa Wasiatun Hikmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa_Ekonomi/Akuntansi_Universitas Negeri Semarang Salah satu mahasiswa di Semarang yang suka dengan membaca, menulis, dan tertarik dengan desain. Semakin dekat follow ig @ifawhikmah, akun wattpad @iffawazz

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bulan Syawal akan segera berakhir, Masih sempatkah Puasa Syawal? Ini Keutamaan Puasa Syawal

23 Mei 2022   12:44 Diperbarui: 24 Mei 2022   02:16 171 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Setelah puasa ramadhan, umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan puasa Syawal. Puasa Syawal bisa dilakukan pada hari ke dua bulan Syawal, setelah idul fitri. Namun, bulan Syawal akan segera berakhir, masih bisakah melaksanakan puasa Syawal? 

Tepat hari ini, 23 Mei 2022 bertepatan dengan 22 Syawal 1443H. Berarti masih ada sekitar 8 hari untuk kita bisa melaksanakan sunnah rasul yaitu puasa Syawal. 

Lalu, apa saja keutamaan puasa syawal?

Keutamaan Puasa Syawal

Sama halnya amalan yang lain, mengerjakan puasa Syawal dengan dapat mendatangkan pahala. Pelaksanaan puasa Syawal harus dilakukan sungguh-sungguh dan Lillahi ta'ala. Selain mendapat pahala, ada berbagai keutamaan puasa Syawal. Bagi siapa saja yang mampu mengerjakan puasa Syawal, terdapat banyak keutamaannya. Adapun keutamaan puasa Syawal, sebagai berikut:

1. Menyempurnakan Puasa Ramadhan

Keutamaan puasa Syawal yang pertama adalah menyempurnakan puasa wajib di bulan sebelumnya. Hal ini berarti bahwa menunaikan puasa 6 hadi di bulan syawal dapat menyempurnakan puasa Ramadan yang telah dilakukan sebelumnya.

Atau dengan kata lain, Puasa Syawal dapat melengkapi kekurangan yang ada selama puasa di bulan Ramadan.

2. Bentuk Rasa Syukur Kepada Allah

Keutamaan puasa Syawal yang berikutnya adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena telah diberi karunia dan kemudahan dalam menjalankan puasa serta amalan-amalan di bulan Ramadhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan