Hiburan Pilihan

"The Return of Superman", Reality Show yang Tidak Hanya Menghibur tapi Memberikan Inspirasi dan Edukasi

12 Januari 2019   10:25 Diperbarui: 12 Januari 2019   17:52 241 1 0
"The Return of Superman", Reality Show yang Tidak Hanya Menghibur tapi Memberikan Inspirasi dan Edukasi
tangkapan layar


Selain drama, film, musik, reality show Korea merupakan salah satu acara yang banyak digemari di  berbagai Negara, dan salah satu reality show yang paling banyak digemari adalah The Return Of Superman.

The Return of Superman itu adalah acara reality show Korea yang disiarkan di KBS2 TV sejak November 2018. Acara ini menantang para Ayah yang merupakan pesohor Korea untuk merawat dan mengasuh anak mereka selama 48 jam tanpa bantuan sang istri. 

Pesohor-pesohor Korea yang tampil di acara ini selain aktor terkenal seperti Song Il Gook yang dikenal lewat drama-drama saeguk yang dimainkannya seperti Jumong, The Kingdom of The Winds dan merupakan ayah dari triplets Daehan, Minguk, dan Manse. 

Ada juga eks penyanyi boyband seperti Ko Ji yong yang merupakan eks member boyband Sech Kies yang aktif pada tahun 90an dan merupakan ayah dari Ko Seung Jae, ada pembawa acara dan komedian terkenal seperti Lee Hwi-Jae yang merupakan ayah dari si kembar Lee Seo Eun dan Lee Seo Jun, ada pemain sepak bola seperti Lee Dong-gook yang merupakan ayah dari  5 Siblings yaitu Jae Shi, Jae Ah, Seol Ah, Soo Ah dan si bungsu Shia Ahn, Petarung MMA Fighter di Jepang yang merupakan ayah dari  Choo Sarang.dan mash banyak pesohor lainnya yang pernah tampil dan masih tampil di acara ini.


Bayangkan seorang pesohor Korea seperti aktor yang menjadi idola di dunia dapat kita lihat keseharian mereka sebaga seorang ayah di rumah. Para pesohor Korea banyak menjaga privasi keluarga mereka terutama anak mereka dari media dan netizen, jadi jika bisa melihat keseharian sang idola bersama keluarga di rumah merupakan hal yang sangat dinikmati para penggemar. 

Walaupun seorang idola, mereka hanyalah seorang ayah biasa ketika berada di rumah. Seorang ayah yang mengalami kerepotan dan kewalahan ketika harus mengurus dan menjaga anak-anak mereka tanpa bantuan para isteri sama seperti ayah-ayah lainnya.


Acara in juga bisa menjadi sekolah bagi para Ayah yang sibuk dan biasanya menyerahkan pengasuhan anak-anak mereka pada sang istri. Dalam acara ini seorang ayah mengalami metamorfosis dari ayah yang tidak tahu apa-apa di dalam mengurus anak seperti bagaimana cara mengganti popok, memandikan, memasak makanan, bermain, akhirnya menjadi seorang ayah yang terampil dan ahli  di dalam  menjaga serta merawat anak-anak mereka, seperti Ki Tae Young yang merupakan ayah dari Ro-Hee. 

Pertama kali sangat canggung, kebingungan, serta kerepotan ketika pertama kali merawat Ro Hee tanpa bantuan Eugene artis cantik yang merupakan istrinya, tapi setelah beberapa lama mengikuti acara ini menjadi seorang ayah yang ahli dalam merawat anak bahkan sering memberikan tips-tips ataupun saran-saran dalam merawat anak kepada para ayah atau ibu sehingga di juluki professor anak oleh pembawa acara The Return Of Superman.


Acara ini juga memberikan pengajaran terutama dalam keberanian, dan kemandirian pada anak-anak yang tampil di acara ini. Mereka diajarkan bisa mengurus diri sendiri seperti menggosok gigi, makan sendiri, belajar etika dan moral dari seorang biksu dan mereka harus menginap di kuil ini pada saat belajar. 

Bahkan anak-anak ini sering diberikan tugas untuk membeli sesuatu baik di pasar, maupun di toko tanpa ditemani ayah mereka.  Mereka juga pernah ditugaskan untuk berjualan dengan membuka bazaar pada saat ulang tahun The Return of Superman.

Anak-anak ini sering diajak jalan-jalan ke tempat-tempat wisata sampai desa-desa kecil bahkan menginap disana seperti Ko Seung Jae dan Ko Ji Yong ayahnya yang pernah menginap di rumah seorang nenek yang tinggal sendiri, ataupun triplets yang pernah diajak ayahnya menanam padi di sawah. 

Anak-anak di acara ini sering diajak berpetualang keberbagai tempat dengan mencoba seluruh transortasi umum, pernah diajak uji adrenalin dengan terbang layang, ditarik dengan tali ke pohon yang sangat tinggi, ataupun meluncur dengan tali disebuah sungai. Petualangan ini tentu saja membuat anak-anak yang tampil di acara ini menjadi lebih berani.

tangkapan layar
tangkapan layar
Bagi para pemirsa acara ini sangat menghibur karena melihat tingkah dan ulah lucu dan polos dari anak-anak ini. Anak-anak yang tampil di acara The Return of superman ini mulai bergabung ada yang sejak mereka masih bayi berumur beberapa bulan dan ada yang  berumur satu tahun. 

Sehingga pemirsa pun dapat menyaksikan perkembangan mereka dari bayi menjadi besar sehingga menimbulkan kedekatan sendiri di hati pemirsa terhadap anak-anak di acara ini, seperti triplets Daehan, Minguk dan Manse mulai bergabung dengan The Return of Superman bersama ayah mereka, Song Il Gook, pada Juli 2018, dan sejak kehadiran triplets di acara ini membuat rating acara ini tinggi. Tetapi karena kesibukan syuting Song Il Gook maka keluarga ini memutuskan untuk keluar dari acara ini pada tanggal 7 Februari 2016.

Acara The Return of Superman melahirkan para idola baru yang popularitas mereka melebihi sang ayah/ Triplets merupakan salah satunya yang  kabar beritanya selalu ditunggu-tunggu para penggemarnya termasuk saya, sehingga walaupun tidak  lagi tampil di acara ini Song Il Gook sering memposting foto-foto Daehan, Minguk dan Manse melalui akun instagramnya, @songilkook, sehingga para penggemar bisa terobati rindunya dan tetap dapat mengikuti perkembangan triplets berkat unggahan sang ayah.

Selain mengibur acara ini juga memberikan edukasi dan inspirasi di dalam merawat dan mendidi anak. Acara ini juga memberikan informasi seputar wisata baik makanan-makanan yang terkenal dan unik di Korea, tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Korea. Bukan hanya di Korea, keluarga di The Return of Superman pernah diajak mengunjungi Mexico, Cina, Thailand, Australia, Jepang. Bahkan bisa jadi nanti acara ini akan mengunjungi Indonesia.