Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek paling penting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, para tenaga didik perlu memahami para peserta didik dalam berpikir dan berkembang secara kognitif, agar dapat merancang strategi pembelajaran yang efektif. Teori Jean Piaget merupakan salah satu teori yang banyak digunakan dalam psikologi pendidikan. Teori ini menekankan bahwa anak membangun pengetahuannya secara aktif melalui interaksi dengan lingkungan.
Piaget membagi perkembangan kognitif ke dalam empat tahapan. Tahap pertama adalah sensorimotor, tahapan ini terjadi pada usia 0-2 tahun. Pada tahapan ini, bayi belajar memahami dunia melalui aktivitas motorik dan pancaindra, seperti menggenggam, memperhatikan sesuatu lebih lama, serta mencari rangsangan melalui cahaya lampu, dan suara. Strategi pembelajaran dapat diterapkan melalui mainan yang berwarna cerah dan bertekstur untuk merangsang indra, serta sering bermain bersama untuk menumbuhkan rasa ingin tahu.
Tahap kedua adalah praoprasional, tahapan ini terjadi pada usia 2-7 tahun. Pada tahapan ini anak memahami realitas dengan menggunakan tanda dan simbol, seperti melalui permainan imajinatif, bahasa, dan peniruan. Strategi pembelajaran yang efektif dalam tahapan ini dapat menggunakan gambar, lagu dan cerita sederhana. Gunakan benda yang nyata dan gambar agar anak lebih mudah memahami konsep, dan hindari penjelasan yang terlalu abstrak
Pada tahapan ketiga, tahapan oprasional konkrit, tahapan ini terjadi pada usia 7 atau 8 tahun -- 11 atau 12 tahun. Anak pada tahapan ini sudah mampu mengurutkan objek berdasarkan ukuran, dan bentuk. Strategi pembelajaran yang dapat dilakukan, dengan menggunakan alat peraga atau benda nyata, serta melibatkan anak untuk mencoba.
Pada tahapan terakhir, tahapan oprasional formal, tahapan ini terjadi pada usia 11 atau 12 tahun -- 18 tahun. Pada tahapan ini anak mulai mampu berpikir secara abstrak, logis, dan kritis. Mereka dapat memahami konsep dan dapat memecahkan masalah secara sistematis, strategi yang dapat digunakan pada tahapan ini dengan menggunakan studi kasus, diskusi kelas, dan debat, agar membantu anak untuk melatih kemampuan berpikir anak secara kritis dan analisis
Teori perkembangan kognitif Piaget memberikan panduan penting bagi guru dalam memahami tahapan perkembangan anak. Dengan memahami setiap tahapan pada anak, guru dapat menyusun strategi pembelajaran yang sesuai, efektif dan mampu mendorong perkembangan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI