Mohon tunggu...
ibs
ibs Mohon Tunggu... @ibnusie

abis ngopi kita rabi

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Bagi Corona, Belarusia adalah Hal Kecil

28 April 2020   15:55 Diperbarui: 28 April 2020   18:48 788 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagi Corona, Belarusia adalah Hal Kecil
Illustration | source image: eurosport.co.uk/getty images

Di tengah pandemi yang menyelimuti berbagai negara dari belahan benua seperti Asia, Eropa hingga Amerika, mungkin Belarusia adalah satu pengecualian, setidaknya hingga pertengahan April 2020.

Dalam kacamata rumput hijau, Liga Primer BelarusBank nyaris menjadi primadona baru. Tak berlebihan, sebab ini adalah satu-satunya liga yang masih menyelenggarakan kompetisi di tengah pandemi hebat, terutama di Eropa.

Di saat semua semua liga terpaksa tertunda, Belarusia masih terus menggelar pertandingan meski banyak orang-orang bertanya sekaligus bersyukur dan gembira lantaran masih ada pertandingan sepak bola di tengah pandemi.

Kalau Anda bertanya mengapa negara ini masih bisa beraktivitas seperti biasanya sementara negara sesama Eropa lainnya nyaris babak belur berjibaku dengan corona, jawabannya bisa dua.

Pertama, pada pertengahan Maret, di mana negara-negara yang penduduknya terjangkit Corona hampir mengalami puncaknya, di Belarusia angka itu tak lebih dari 100 kasus. Bandingkan dengan Italia yang sudah mencapai ribuan jumlahnya pada saat bersamaan.

Kedua, angka tersebut memang terbilang kecil untuk ditakuti. Namun, alih-alih ada tindakan preventif dari pemerintah pusat, Presiden Belarus Alexander Lukashenko justru menyikapinya dengan naif --- kalau terlalu berlebihan bila disebut takabur.

"Lebih baik mati berdiri daripada hidup berlutut," sabda Lukashenko waktu itu.

Rasanya itu adalah sabda terhebat yang pernah dikeluarkan seorang presiden di tengah kondisi seperti ini.

Lalu, apalah arti lembaga badan kesehatan dunia WHO yang meminta negara berpenduduk sekira 10 juta jiwa ini untuk menghentikan aktivitas dan menerapkan physical distancing? Nothing!

Alih-alih mendengarkan WHO, mereka justru semakin tancap gas untuk melebarkan sayap industri sepak bolanya.

Belarusia merupakan salah satu negara Eropa Timur. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Belarusia itu sendiri dan bahasa Rusia.

Demi mencapai tujuan itu tadi, mereka banyak melakukan re-branding secara singkat namun kolektif. Banyak klub-klub Belarusia mulai menggunakan bahasa Inggris demi meraup pundi-pundi keuntungan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN