Mohon tunggu...
Ibnu IhwalAwaluddin
Ibnu IhwalAwaluddin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Lakukan dan jangan menyerah

Sebaik - baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Buku Bermutu Penentu Masa Depan Bangsa

24 September 2021   03:35 Diperbarui: 24 September 2021   04:04 25 2 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Buku Bermutu Penentu Masa Depan Bangsa
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang kita ketahui, Buku merupakan salah satu media cetak yang saat ini perkembangannya sangat pesat. Dan memang  dari dulu memang sudah banyak contoh peninggalan prasejarah yang merupakan cikal bakal akan terbentuknya buku. 

Pada zaman dahulu, masyarakat menggunakan media yang tersedia di alam untuk mengungkapkan apa yang ingin sampaikan atau katakan kepada orang lain, sebelum ditemukannya huruf alfabet seperti sekarang ini.

Tapi sayangnya, saat ini masih banyak orang yang kurang menghargai akan proses -- proses dalam pembentukan sebuah buku. Padahal suatu bangsa dapat maju karena buku, karena banyak terdapat ilmu yang terkandung dalam sebuah buku.

Namun, ada beberapa aspek yang harus di perhatikan agar sebuah buku dapat diminati oleh banyak orang dan dapat membawa pengaruh kepada para pembacanya. Dari sekian jenis buku yang ada, menarik merupakan salah satu hal penting agar sebuah buku dapat diminati oleh para pembacanya. 

Tapi, apakah sebuah buku dapat dikatakan ''layak'' dibaca hanya karena menarik? Mau itu dari sisi cover ataupun isinya. Sejak tahun 2017 lalu, Indonesia sudah mengesahkan Undang -- undang yang mengatur tentang beberapa syarat agar buku dapat dikatakan sebuah buku yang bermutu.

Seperti yang tercantum  dalam Undang-Undang Nomer 3 tahun 2017 Pasal 1 nomer 23,buku bermutu adalah buku yang memenuhi standar mutu yaitu mencakup isi, penyajian, desain, dan grafika.

Dan syarat-syarat tersebutlah yang harus ada dalam sebuah buku agar terciptanya sebuah buku yang bermutu. Buku yang dibuat juga harus memenuhi seuai dengan standar, kaidah dan juga kode etik.

Memang seberapa penting membaca buku yang bermutu? Jika kita cari tahu lebih jauh lagi, banyak buku beredar sebelum UU tersebut di buat yang belum sesuai dengan apa yang seharusnya di tulis atau digambarkan. 

Karena itulah masyarakat harus memperhatikan apakah buku yang mereka baca sudah termasuk dalam buku yang bermutu atau belum. 

Dan itu merupakan hal yang penting, karena dapat membawa pengaruh terhadap kepada para pembaca, sehingga bisa saja memunculkan opini yang negatif terhadap buku yang mereka baca.

Oleh karena itu, pada saat membaca buku juga kita harus menyaring terlebih dahulu terhadap sebuah buku yang ingin dibaca, agar kita dapat mengetahui mana buku yang bermutu dan mana buku yang tidak/kurang  bermutu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan