Mohon tunggu...
Tomy Saputra
Tomy Saputra Mohon Tunggu... Marketers

Hello world

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Cara Membangun Brand Identity (4 Kiat yang Terbukti Berhasil)

25 November 2023   09:12 Diperbarui: 25 November 2023   09:28 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar: Canva.com

Menjadi seorang pebisnis itu menantang. Persaingannya tinggi, sulit untuk menonjol dan banyak tekanan.

Jika Anda mencoba untuk sukses sebagai seorang pebisnis, media sosial adalah tempat yang harus Anda pertimbangkan. 

Miliaran orang menggunakan Facebook, Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya setiap hari. Miliaran! Ini adalah lautan penuh ikan yang harus Anda tangkap.

Agar dapat aktif di media sosial, Anda perlu memikirkan membangun brand identity. Tapi bagaimana melakukannya, jangan khawatir.
Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang membangun brand identity di media sosial.

Apa itu Brand Identity?

Brand identity adalah apa yang Anda inginkan agar pelanggan Anda pikirkan tentang Anda dan bagaimana Anda ingin mereka memahami Anda. Ini adalah cara Anda menampilkan branding Anda di pasar.

Brand identity menjawab pertanyaan seperti:

  • Anda siapa?
  • Apa yang Anda tawarkan?
  • Apa kualitas Anda?

Sebelum Anda mulai, coba jawab pertanyaan di atas - klarifikasi ide Anda sendiri. Anda perlu meluruskan pikiran dan membayangkan apa yang ingin Anda capai.

Media Sosial Mana Yang Harus Anda Pilih?

OK, tidak SEMUA dari mereka sesuai untuk Anda. Tetapi Anda harus memastikan brand Anda muncul di semua platform yang besar. Lihatlah angka-angka ini:

Anda bisa mulai dengan membuat halaman di Facebook dan profil di Instagram. Keduanya gratis dan mudah dikelola. Secara bertahap membangun audiens dengan mengundang orang untuk mengikuti Anda. Setelah itu, berjalanlah ke media sosial lainnya.

4 Kiat untuk Membangun Brand Identity

1. Konsisten dalam Desain

Ini adalah ide yang baik untuk memilih warna tertentu dan membuatnya sendiri. Ketika Anda berpikir tentang Coca-Cola, Anda berpikiran merah, bukan? Itulah yang ingin Anda raih.

Tujuannya agar orang menghubungkan warna dengan merek Anda. Gunakan warna dominan yang sama untuk:

  • Logo Anda
  • Iklan Anda
  • Postingan Anda

Konsistenlah dalam hal desain.  
Bersikap sistematis. Buat mereka serupa dalam penampilan dan unik dalam konten.

2. Bermitra dengan Influencer

Influencer adalah orang-orang dengan jumlah pengikut yang tinggi di media sosial. Itu bisa berupa artist, YouTuber, blogger, penyanyi dll. Intinya adalah mereka mendapat perhatian ribuan orang.

Bermitra dengan satu (atau lebih) dari mereka bisa sangat menguntungkan! Anda dapat menawarkan sesuatu hal kepada mereka secara gratis, dengan imbalan pemasaran. Mereka dapat menandai Anda di pos mereka dan meminta pengikut mereka untuk memeriksa Anda.

Karena semua orang di media sosial membutuhkan gambar yang indah, saya yakin Anda dapat dengan mudah membuat pengaturan semacam ini. Ini cara sempurna untuk membangun brand identity Anda.

Orang yang kita sebut influencer sangat kuat.
Di satu sisi, mereka mempengaruhi sudut pandang ribuan orang dan memiliki kemampuan untuk memimpin mereka dengan cara tertentu. Itu adalah fakta yang tidak boleh dirusak.

3. Lakukan Giveaway

Orang suka mendapatkan barang secara gratis! Itu fakta. Anda tidak akan membayangkan berapa banyak orang yang dapat Anda jangkau dengan menyiapkan hadiah di profil media sosial Anda.

Kuncinya adalah secara tidak langsung membuat orang mempromosikan halaman Anda. Yang terbaik adalah Anda menetapkan beberapa kondisi berikut untuk mereka yang ingin berpartisipasi:

  • Sukai halaman Anda/ Ikuti Anda di Instagram
  • Bagikan hadiah itu di profil mereka
  • Beri tag teman di bagian komentar
  • Letakkan tagar dengan nama merek Anda

Dengan cara ini orang-orang baru dapat belajar tentang Anda dan membantu Anda menjangkau orang lain. Anda membuat pelanggan baru bahagia dan Anda tidak perlu menginvestasikan uang apa pun. Ini adalah situasi yang saling menguntungkan.

4.  Tulis Postingan Sederhana & Mudah

Kesederhanaan adalah kunci dalam periklanan media sosial dan branding. Target audiens Anda harus bisa mendapatkan poin dari postingan Anda dalam hitungan detik.

Anda harus benar-benar yakin bahwa postingan Anda ditulis secara akurat. Ejaan, tata bahasa, atau kesalahan apa pun lainnya akan membuat Anda terlihat tidak profesional. Sangat menolak untuk pelanggan.

Untuk memastikan postingan Anda akurat dan bebas kesalahan, gunakan alat online untuk memeriksa tulisan Anda, untuk mengurangi risiko terlihat tidak profesional.

Kesimpulan

Membangun brand identity di media sosial adalah tugas kompleks yang membutuhkan perencanaan dan kerja keras. Setelah Anda memilikinya, Anda akan dapat tumbuh dan memperluas jangkauan bisnis Anda.

Konsisten dan ikuti langkah-langkah dasar ini. Pastikan untuk memperhatikan detail dan memahami audiens Anda.

Tomy Saputra

Penasihatwp.com

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun