Mohon tunggu...
Mahéng
Mahéng Mohon Tunggu... Penulis - Freelance Writer

Saat ini, selain tertarik mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat, ia terus belajar menulis serta sangat terpikat pada jurnalisme dan sastra. Perspektifnya sangat dipengaruhi oleh agama dan filsafat.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Pentingnya Membaca dan Cinta terhadap Masjid: Refleksi Setelah Salat Jumat

16 Juni 2023   16:24 Diperbarui: 16 Juni 2023   16:26 340
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Presiden Iran periode 1981-1989, Ayatollah Ali Khamenei, saat memimpin salat Jumat di Teheran. Foto: SalamPix/ABACA via Kompas.com

Sinar mentari menyengat dan menjalar ke dalam kost saya yang redup. Jarum jam telah menunjukkan pukul 11.47. Saya menyadari harus buru-buru agar tidak ketinggalan jamaah Jumat hari ini.

Dengan cepat, saya beranjak dan meletakkan gawai, kemudian mengambil langkah panjang untuk membasuh badan. 

Sebelum benar-benar memasuki kamar mandi, saya sempat mengkhotbahi jamaah di WhatsApp. 

"Membaca buku memang tidak bikin orang jadi pintar, namun tidak ada satu pun orang pintar di dunia ini yang tidak baca buku".

Saya menulis itu sebagai caption untuk foto yang saya bagikan di story WhatsApp.

Mulanya, khotbah itu lebih panjang, namun karena buru-buru saya tidak sempat menulisnya secara utuh. 

Saya sering mengutip pesan Maman Suherman atau akrab di lidah sebagai kang Maman, kunci kemahiran hanya satu, nge-bir (baca, iqro, dan read).

Kang Maman benar, ibadah pertama yang diperintahkan oleh Allah untuk umat muslim  bukan sedekah, bukan zikir, apalagi jumatan. Tetapi membaca.

Surat Al Alaq ayat 1 - 5 adalah wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW atas perantara Malaikat Jibril. Disebutkan dari hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim bahwa di suatu malam Nabi Muhammad yang tengah berada di Gua Hira didatangi Malaikat Jibril. Kepada Muhammad, Jibril mengatakan, "Iqra (bacalah)."

Baca juga Toko Buku Tidak Harus Buka, tapi Membaca Harus Jadi Budaya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun