Mohon tunggu...
Putra Baskara
Putra Baskara Mohon Tunggu... Mahasiswa Arkeologi

Sedang belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Mengenal Lebih Dekat Tentang Ilmu Arkeologi

15 Maret 2021   11:28 Diperbarui: 20 Maret 2021   15:51 357 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Lebih Dekat Tentang Ilmu Arkeologi
Sumber Gambar: Kompas.com

Jika kita membicarakan arkeologi, maka bayangan yang ada di dalam pikiran masyarakat umum adalah suatu ilmu yang mempelajari masa lalu, terutama suatu hal yang berbau kuno, seperti mitologi, naskah-naskah kuno, dan benda-benda yang memiliki hawa magis. Pandangan ini muncul akibat dari film-film Holywood yang bertemakan arkeologi, yang selalu menggambarkan arkeolog memiliki petualangan untuk mencari benda-benda yang memiliki hawa magis. Indiana Jones dan Lara Croft adalah beberapa film yang bertemakan arkeologi.  

Beberapa orang bahkan mengaitkan arkeologi dengan dinosaurus. Mungkin mereka berpikir bahwa arkeologi mempelajari kehidupan prasejarah, maka mereka berpikir arkeologi juga berhubungan dengan dinosaurus.

Dari beberapa pandangan tadi, tentang arkeologi tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar. Memang arkeologi mempelajari masa lalu, tapi bukan berarti mempunyai hubungan dengan dinosaurus. Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita simak terlebih dahulu definisi dari arkeologi menurut para ahli.

Robert J. Braid mengatakan bahwa arkeologi adalah suatu ilmu yang mempelajari artefak-artefak dan tingkah laku manusia dengan tujuan mencari jalan hidupnya

Paul Bahn, menyatakan arkeologi adalah suatu kajian sistematik tentang masa lampau yang berdasarkan budaya kebendaan dengan tujuan untuk membongkar, menerangkan, dan mengklasifikasikan tinggalan-tinggalan budaya, menguraikan bentuk dan perilaku masyarakat masa silam serta memahami bagaimana ia terbentuk dan merekonstraksinya seperti semula.

Stuart Piggot, Arkeologi merupakan suatu disiplin yang mempelajari peristiwa yang tidak disadari dan dibuktikan oleh peninggalan benda-benda yang masih ada, apakah hasil-hasil kekunoan itu produk dari suatu masyarakat dengan menggunakan catatan tertulis atau tanpa tulisan.

Dari ketiga pendapat para ahli yang sudah disebutkan tadi, memiliki beberapa kesamaan, yakni tinggalan kebudayaan dan masyarakat. Jadi bisa dikatakan bahwa arkeologi adalah studi ilmu yang mempelajari peninggalan kebudayaan masa lalu, yang mempunyai tujuan untuk merekontruksi kehidupan manusia masa lampau. Mungkin dari definsi yang sudah dijelaskan, bisa membantah pendapat beberapa orang yang mengatakan bahwa arkeologi memiliki hubungan dengan dinosaurus.

 Arkeologi mempelajari peninggalan kebudayaan manusia masa lalu, yang bertujuan untuk mengungkapkan kehidupan manusia masa lampau dan untuk mengetahui perubahan kebudayan dari masa ke masa. Ilmu arkeologi berfokus ketika manusia sudah ada di muka Bumi, yakni pada masa Prasejarah lebih tepatnya pada masa Pleistosen. Sedangkan dinosaurus muncul di bumi sebelum manusia ada, diperkirakan 230 juta tahun lalu.

Sejarah Awal Munculnya Arkeologi

Kemunculan arkeologi erat kaitannya dengan pengumpul benda antik atau biasa disebut Antiquarian. Antiquarian ini muncul pada masa Renaissance, sekitar tahun 1492-1840. Pada masa Renaissance merupakan awal mula munculnya kebudayaan dan pengetahuan yunani setelah sekian lama tertidur pada abad pertengahan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN