Wisata highlight

Desa Ini Ternyata Memiliki Objek Wisata Indah yang Belum Banyak Diketahui Orang

13 Agustus 2017   04:55 Diperbarui: 13 Agustus 2017   08:20 2292 3 2
Desa Ini Ternyata Memiliki Objek Wisata Indah yang Belum Banyak Diketahui Orang
dokpri

Desa Dullah laut adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Pulau Dullah Utara, Kota Tual, Provinsi Maluku. Desa ini terdiri dari satu desa inti dan satu dusun yaitu Desa Dullah laut dan Dusun Duroa. Masyarakat di desa ini sangatlah baik dan ramah apalagi kepada orang dari luar yang datang ke desa ini. Letak desa ini memang terpencil, terletak di sebuah pulau yang mana harus menyebrang laut terlebih dulu jika ingin singgah di desa ini. Transportasi pun terbatas, namun dibalik itu semua desa ini memiliki sesuatu yang mungkin tidak dimiliki oleh desa lain. Di desa ini terdapat gugusan pulau-pulau kecil di sekelilinig pemukiman desa ini. 

Pulau-pulau yang ada di desa ini adalah Pulau Duroa atau Dullah laut yang menjadi pemukiman warga, Pulau Adranan,Pulau Sua, Pulau Ohoimas, Pulau Ruen, Pulau Rumadan, Pulau Rumadan Laer, dan Pulau Bair yang mungkin sudah dikenal banyak orang dan juga andalan wisatawan jika berkunjung ke daerah ini.

Banyak tempat di pulau ini yang dapat dijadikan sebagai objek wisata, adapun tempat-tempat yang bisa dijadikan objek wisata itu adalah:

  • Pulau Bair

dokpri
dokpri

Pulau ini memiliki keindahan dan keunikan yang khas dengan pasir putih dan air laut yang jernih berwarna hijau tosca dengan dikelilingi bebatuan dan tebing yang tinggi. Lokasinya sekitar 30 menit dari darat dengan menggunakan speed.

  • Pulau Adranan

dokpri
dokpri

Pulau kecil yang indah dengan pasir putih dan bentangan laut termasuk dalam kawasan Desa Dullah Laut disebut juga pulau burung karena banyak burung yang tinggal di pulau ini dan sering menjadi tempat bersinggah setelah kunjungan dari Pulau bair karena lokasinya yang terdekat dengan daratan.

  • Pulau Ohoimas

dokpri
dokpri

Pulau kecil yang memiliki alam yang masih asli terletak sekitar 30 menit dari desa Dullah laut. Di pulau ini terdapat berbagai flora dan fauna dan terdapat perusahaan mutiara di pulau ini.

  • Tahetko

dokpri
dokpri

Danau air asin atau lagoon yang terletak di pulau duroa ditengah hutan yang memiliki keindahan alam yang khas, tempat ikan berkembang biak karena airnya yang tenang. Lokasinya sekitar 15 menit dari pemukiman desa Dullah laut menggunakan speed dan perjalanan kaki sekitar 200 meter untuk tiba di lokasi ini.

  • Tarlob

dokpri
dokpri

Pantai yang indah dengan pasir putih dan batang pepohonan disekitarnya yang menghiasi tempat ini juga memiliki keindahan lebih saat laut sedang pasang yang terletak di Pulau duroa dan lokasinya tepat sebelum jalan masuk ke Tahet Ko.

  • Ngurlak

dokpri
dokpri

Pantai Pasir putih yang indah terletak di Desa Dullah Laut sekitar 10 menit perjalanan kaki dari pemukiman desa Dullah laut melewati hutan. Di lokasi ini juga terdapat bangunan bekas peninggalan jepang yang konon katanya bangunan yang akan dijadikan sebagai perusahaan.

  • Wear

dokpri
dokpri

Meriam bekas peninggalan penjajahan jepang yang terletak tepat di pantai di dusun duroa memiliki nilai sejarah dan menjadi bukti bahwa penjajah jepang pernah membangun meriam dan pertahanan di pulau ini.

  • Danau Bair

dokpri
dokpri

Danau air asin atau lagoon yang terletak didalan pulau bair meiliki keindahan yang khas dengan air jernih berwarna biru yang ditinggali beberapa jenis ikan di tempat ini. Lokasinya sekitar 300 meter masuk kedalam pulau untuk menemukan lagoon ini.

  • Hoat Hangirit

dokpri
dokpri

Hutan bakau yang terletak di Pulau Duroa di dalam teluk di selatan pulau duroa, desa Dullah Laut. Memiliki keindahan yang khas dengan keaslian alamnya, satu-satunya hutan bakau yang masih tersisa di Pulau ini.

  • Ohoi Vian

dokperi
dokperi
Sebuah tanjung di Desa Dullah Laut yang terletak di ujung pemukiman desa, terdapat pohon beringin yang tumbuh tepat di pinggir laut dengan jarak sekitar 5 menit berjalan kaki untuk menuju lokasi ini.

  • Yeuwahan

dokpri
dokpri

Bentangan pantai yang luas dengan pasir putih dan air laut yang jernih, tempat yang tepat untuk bersantai. Terletak di ujung barat pulau Duroa membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di lokasi ini.

  • Ohoi Lo'on

dokpri
dokpri

Pantai dengan pasir putih dan bebatuan karang yang indah tumbuh beberapa pepohonan di sekitar lokasi ini. Jarak tempuh untuk mencapai lokasi ini sekitar 10 menit dengan menggunakan speed.

  • Awear

dokpri
dokpri

Pantai pasir putih dengan pemandangan yang indah diiihiasi dengan pepohonan sepanjang pantai. Pantai ini terletak sekitar 15 menit dari desa Dullah Laut.

Selain itu masih ada beberapa objek yang bisa dikunjungi di kawasan milik desa ini. Pada bulan juni hingga agustus tahun 2017 lalu ada 25 mahasiswa UGM yang melaksanakan KKN di desa Dullah Laut ini, salah satu program yang mereka jalani adalah pemetaan potensi wisata, berikut adalah hasil dari pemetaan potensi wisata yang ada di Desa Dullah Laut:

Dokumentasi KKN-PPM UGM 2017
Dokumentasi KKN-PPM UGM 2017

Inilah beberapa tempat atau objek yang dapat dijadikan sebagai objek wisata di Desa Dullah Laut. Semoga Desa Dullah Laut dapat menjadi Destinasi wisata bahari gugusan Pulau Kecil (small island tourism destination)dan objek wisata unggulan di Kota Tual yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, melestarikan lingkungan, dan menjaga sosial budaya di Desa Dullah laut, Kecamatan Pulau Dullah Utara, Kota Tual, Provinsi Maluku.

Jadi, kapan kita jalan-jalan mengeksplor pulau-pulau dan objek wisata ini bersama?? ;)