Mohon tunggu...
Christian Jati
Christian Jati Mohon Tunggu... Humas Yayasan Tarakanita Surabaya

Humas Yayasan Tarakanita Surabaya | FB: Yayasan Tarakanita Wilayah Surabaya | Youtube: Humas Tarakanita Surabaya | Email: humastarakanitasby21@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Generasi Milenial Bijak Gunakan Plastik

21 November 2020   08:48 Diperbarui: 21 November 2020   11:10 86 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Generasi Milenial Bijak Gunakan Plastik
Ronaldus Soegiarto, ST., MMT. (Dosen Universitas Surabaya)

Surabaya -- "Memang kita tidak bisa lepas dari plastik. Tetapi bagaimana kita lebih bijak lagi dalam mempergunakannya karena kita tahu bahan plastik itu tidak mudah didaur ulang dan diolah bumi. Semoga siapa saja yang mengikuti PJJ ini termotivasi untuk lebih bijak dalam menggunakan plastik."

Pengantar Sr. Margriet, CB, M.Pd. (Kepala SD Santo Carolus Tarakanita Surabaya) di atas mengingatkan siswa/i kelas III, IV, V, dan VI SD Santo Carolus akan pentingnya bersikap bijak dalam menggunakan plastik. Bagaimana cara bersikap bijak dalam menggunakan plastik tersebut dibahas dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) hari Jumat (20/11/2020).

PJJ kali ini bertajuk Alumni Mengajar dengan nara sumber Ronaldus Soegiarto, ST., MMT. (Dosen Universitas Surabaya). Ronal, sapaan akrabnya, merupakan alumnus dari TK-SD-SMP-SMA Santo Carolus.

Kegiatan ini berlangsung via telekonferensi Zoom. Selain itu, saudara, orang tua, atau siapa saja dapat mengikuti kegiatan alumni mengajar ini melalui kanal Youtube Humas Tarakanita Surabaya.

Untuk mengawali materinya, Ronal memutarkan video yang membahas tentang plastik. Video berjudul "Plastic Waste" ini adalah hasil karya Ronal sendiri yang diunggahnya di Youtube.

Menurut dosen yang juga lulusan S1 Teknik Kimia di Ubaya ini, plastik adalah salah satu bahan yang dapat kita temui di hampir setiap barang yang kita gunakan setiap hari. Ketika belanja, hampir semua pembungkus produk yang kita beli mengandung plastik.

Selain itu, Ronal juga membagikan pengetahuan tentang sejarah terciptanya plastik dan perkembangannya, apa yang terjadi dengan plastik yang dibuang, hingga apa yang bisa dilakukan untuk bersikap bijak terhadap plastik.

Dosen yang pernah menempuh pendidikan S2 Magister Manajemen dan Teknologi di ITS ini menuturkan, minimal yang bisa dilakukan adalah Reduce, Reuse, dan Recycle. Ia memberikan 5 hal yang bisa dilakukan menyikapi penggunaan plastik secara bijak:

1) Reduce (mengurangi) semisal menyimpan minuman di kulkas dengan botol kaca, tidak dengan botol plastik.

2) Reuse (menggunakan kembali) yakni membeli produk dengan plastik yang bisa dipakai kembali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x