Mohon tunggu...
Humas BapasLahat
Humas BapasLahat Mohon Tunggu... Penegak Hukum - Balai Pemasyarakatan Kelas II Lahat

Akun Resmi Balai Pemasyarakatan Kelas II Lahat

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

HUT RI ke-77, Bapas Lahat Kemenkumham Sumsel Turut Meriahkan Pawai Kabupaten Lahat

18 Agustus 2022   16:51 Diperbarui: 18 Agustus 2022   17:19 98 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

PADA Kamis (18/8), Bapas Lahat Kemenkumham Sumsel mengikuti kegiatan Pawai Baris-Berbaris dan Karnaval yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Lahat dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77 tahun 2022.

Dikatakan Ka. Bapas Lahat Kemenkumham Sumsel Perimansyah, selain dalam rangka ikut memeriahkan HUR RI ke-77 Kabupaten Lahat, giat ini diikuti Bapas Lahat juga masih dalam suasana perayaan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 yang jatuh 2 hari setelah HUT RI (19 Agustus). Pasalnya, dalam dinamikanya berdasarkan Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Nomor : M.06- UM.01.06 Tahun 1985 bahwa tanggal 30 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kehakiman Republik Indonesia. Kemudian berdasarkan autentikasi terhadap hasil pengkajian dalam rangka peringatan Hari Dharma Karya Dhika pada tahun 2021 yang memuat dokumen sejarah, pendapat Para Ahli Hukum serta Keputusan Rapat pada tanggal 19 Oktober 2021, maka Hari Lahir Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia "Hari Dharma Karya Dhika" ditetapkan pada tanggal 19 Agustus 1945, dan akan diperingati pada setiap tahunnya.

Ka. Bapas Lahat Kemenkumham Sumsel Perimansyah mengutus 4 (empat) pegawai Bapas Lahat untuk turun ke lapangan memeriahkan Pawai Baris-Berbaris dan Karnaval. Empat pegawai terdiri atas Henry Manumpak selaku Koordinator Lapangan, Choirul Muslimah, Marendi Pusaka, dan Simamora. Kesemua pegawai terlihat bersemangat meskipun berada di bawah terik matahari. Begitupun dengan antusias para penonton di sepanjang jalan.

Dalam kesempatan tersebut, Bapas Lahat Kemenkumham Sumsel menggunakan kendaraan roda empat dinas yang telah dihias sebagaimana kendaraan hias pada perayaan HUT RI. Saat melewati rute pawai yang dimulai dari Lapangan Seganti Setungguan Lahat hingga simpang empat Pasar Lama Lahat, rombongan Bapas memperkenalkan Tugas dan Fungsi Bapas, profil Bapas Lahat, dan maskot Bapas Lahat Mang Balan kepada masyarakat menggunakan pengeras suara.

Adapun peserta dalam kegiatan baris-berbaris dan marching band terdiri atas Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, & Sekolah Menengah Atas yang berada di wilayah Kabupaten Lahat. Sedangkan lomba karnaval yang diikuti oleh Kategori Umum terdiri atas lomba motor hias, mobil hias, dan hiburan-hiburan lain.

Sementara Ka. Bapas Lahat Kemenkumham Sumsel Perimansyah mengatakan bahwa giat ini semata-mata untuk memeriahkan HUT RI di Kabupaten Lahat. Artinya Bapas Lahat tidak fokus pada kemenangan, namun apa dan bagaimana partisipasi dari Bapas Lahat sendiri untuk Bangsa dan Negara.
"Menang kalah itu urusan nanti, yang terpenting kita (Bapas Lahat) harus selalu aktif dalam kegiatan. Baik kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT RI maupun HDKD. Tunjukkan rasa nasionalisme pada Negara", ujarnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan