Mohon tunggu...
HUMAS BAPAS JEMBER
HUMAS BAPAS JEMBER Mohon Tunggu... ASN BAPAS JEMBER

Berita harian informatif, aktual, dan terpercaya seputar Balai Pemasyarakatan Kelas II Jember

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Bapas Kelas II Jember Ikuti Zoom Sosialisasi Penilaian Maladministrasi di Tingkat Kementerian dan Lembaga

6 Oktober 2025   10:06 Diperbarui: 6 Oktober 2025   10:02 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dok. humas bapas jember


Jember- Bapas Kelas II Jember  hadiri kegiatan zoom sosialisasi Penilaian Maladministrasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik atau yang dikenal dengan Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Ombudsman Republik Indonesia kepada perwakilan Kementerian dan Lembaga. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para penyelenggara layanan publik terhadap indikator penilaian maladministrasi serta mendorong perbaikan kualitas layanan secara menyeluruh.

Anggota Ombudsman RI menyampaikan bahwa penilaian ini merupakan bagian dari upaya pengawasan eksternal yang dilakukan Ombudsman untuk memastikan bahwa pelayanan publik yang diberikan telah sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik, bebas dari praktik maladministrasi, dan berpihak pada kepentingan masyarakat. Penilaian ini tidak hanya melihat standar pelayanan, tetapi juga mencermati responsivitas, akuntabilitas, serta pengelolaan pengaduan publik.

Sosialisasi ini dihadiri oleh pejabat dari berbagai Kementerian dan Lembaga, serta menghadirkan narasumber dari Ombudsman RI yang memaparkan metodologi penilaian, ruang lingkup pengawasan, serta tindak lanjut dari hasil opini yang akan diberikan. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan menyampaikan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan publik di instansi masing-masing.

Melalui kegiatan ini, Ombudsman RI berharap tercipta komitmen yang kuat dari seluruh Kementerian dan Lembaga untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat serta menekan potensi terjadinya maladministrasi. Penilaian ini juga diharapkan menjadi alat bantu evaluasi internal dan mempercepat pencapaian reformasi birokrasi di sektor pelayanan publik.
#humasbapasjember #bapasjember #kemenimipas #kemenimipasri #ditjenpas #imipasberjaya #imipasjatim #pemasyarakatan #pemasyarakatanberdampak

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun