Mohon tunggu...
Humaira Nuri
Humaira Nuri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kegiatan Modul Nusantara 1 Di Museum Pendidikan Nasional (MPN)

3 September 2022   22:56 Diperbarui: 8 September 2022   07:50 109 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bandung. Sumber ilustrasi: via KOMPAS.com/Rio Kuswandi

Sabtu, 3 September 2022 Pertukaran  Mahasiswa Merdeka bersama dengan dosen Modul Nusantara dan beberapa orang mentor dalam kegiatan ini ikut serta. Kegiatan Modul Nusantara pada hari ini adalah mengunjungi beberapa tempat yang ada di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia, salah satunya adalah Museum Pendidikan Nasional

 Museum Pendidikan Nasional (MPN). Bangunan ini  terletak antara Kota Bandung-Lembang, tepatnya di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. Di tempat ini, pengunjung dapat menyaksikan peninggalan para pejuang Bandung Utara dan menyaksikan peninggalan masa lalu tentang pendidikan. Bangunan Museum ini di resmikan bersamaan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2015, yang di resmikan oleh Rektor UPI bersama Gubernur Jawa Barat.

Gedung Museum ini memiliki 5 lantai,  dimana setiap lantainya memiliki ruangan tersendiri. Ruangan paling menarik terletak di Lantai empat museum, ruangan ini secara khusus menggambarkan perjalanan sejarah UPI sejak awal didirikanya pada tahun 1954 sebagai PTPG hingga UPI mutakhir. Proyeksi tentang UPI di masa depan juga dipamerkan di lantai ini, dengan menyertakan ruang sejarah gedung Isola pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia yang dilengkapi ruang pameran kontemporer.

 Selain mengumpulkan warisan pendidikan dan kebudayaan, museum ini menyajikan dinamika pemikiran kritis pendidikan Nasional dan pendidikan Guru di Indonesia. Dengan demikian, museum ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah "cinta museum" serta ikut menyukseskan Jawa Barat sebagai daerah tujuan wisata budaya dan pendidikan yang memiliki keunikan tersendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan