Mohon tunggu...
hugo torang
hugo torang Mohon Tunggu... Seniman - mahasiswa S1 Universitas Airlangga

haloha

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Emas bagi Timnas Basket Putra Indonesia, Bawa Bangga!

17 Juni 2022   11:30 Diperbarui: 17 Juni 2022   11:33 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Hari yang dinanti-nanti bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya penggemar bola basket, tiba saatnya nama Indonesia tercetak dalam sejarah peraih mendali emas Sea Games 2022 cabang olah raga bola basket. Momen abadi ini sungguh membuat bangga seluruh jajaran penting Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) hingga para atlet.

Diselenggarakan di Hanoi, Vietnam, Indonesia membawa 12 pemain unggulan mereka. Kali ini susunan pada tim kombinasi antara pemain senior dan junior. Kombinasi yang dibawakan sangatlah berpengaruh dan berhasil untuk memberikan performa yang diatas ekspetasi para penikmat bola basket. Pada kesempatan ini, Indonesia kembali lagi mendantangkan pemain naturalisasi yang berasal dari negeri paman sam yaitu Marques Bolden. Ia merupakan pemain yang memiliki postur badan tinggi dan besar selayak para center hebat di Amerika Serikat. Marques mempunyai banyak sekali pengalaman mulai dari bermain di NCAA divisi 1 bersama tim bola basket Duke University, bermain bersama para bintang NBA seperti Zion williamson dan RJ Barret. Setelah meniti karirnya bersama Duke, Ia memiliki segudang pengalaman bersama dengan beberapa team NBA hingga G-league. Melansir dari interview yang dia lakukan bersama Rocky Padilla, Marques sangat mengapresiasi tawaran dari Indonesia untuk bisa bermain sebagai pemain naturalisasi.

Tidak kalah dengan para senior, rising star indonesia Derrick michael yang berlaga sangat bagus selama Sea Games. Ia Berhasil mendapatkan gelar MVP. Derrick berhasil melakukan 2,5 block per game yang dimana ia menduduki puncak diatas Marques bolden yang hanya melakukan 1,0 block per game. Sungguh suatu harapan bagi masa depan bola basket Indonesia bahwa nantinya akan ada orang Indonesia yang dapat berlaga di NBA ataupun G-league.

Pertandingan Timnas Indonesia tidak berjalan semudah itu. 2 pertandingan awal dibuka dengan pertandingan melawan Malaysia dan Thailand. Indonesia menang tipis melawan malaysia dengan skor (95-92) dan menang tipis melawan thailand dengan skor (78-75). Membuktikan bahwa perjuangan indonesia tidak semudah itu. Brandon Jawato berhasil menjadi top skor dan membawa timnya lanjut ke babak selanjutnya. Pertandingan yang amat sangat seru melawan tuan rumah itu sendiri, Vietnam. Namun indonesia dapat menaklukan vietnam dengan skor (94-67). Tiba saatnya penentuan melawan juara bertahan yaitu filipina. Selama ini Philipina merupakan tim yang sangat solid dan bertalenta. Mereka selalu menyumbangkan emas dari cabang olah raga bola basket. Namun Indonesia tidak menyerah dan tak gentar. Pertandingan berlangsung sangat sengit, para semangat atlet-atlet kebanggaan kita membara. kombinasi bertahan Marques dan Derrick sangatlah solid serta para penembak kita prastawa dan abraham menjadi kunci kemenangan kita. Setelah bel berbunyi tanda keunggulan Indonesia menang melawan filipina, seluruh pemain,kru hingga pelatih sangatlah bergembira. Indonesia Raya kembali berkumandang.

Momen ini merupakan langkah awal indonesia dapat membangun kultur bola basket yang semakin memudar. 12 atlet kebanggaan kita berhasil membawa semangat baru bagi para atlet-atlet muda. Tugas membawa bola basket Indonesia tidak sampai disini. Event terdekat terdapat FIBA Asia, dimana Indonesia menjadi tuan rumah. Kesempatan ini dapat kita jadikan sebagai unjuk gigi bahwasannya Indonesia itu bisa. Bawa Bangga!!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun