Mohon tunggu...
Deddy Huang
Deddy Huang Mohon Tunggu... Freelancer - Digital Marketing Enthusiast | Blogger | Food and Product Photographer

Memiliki minat di bidang digital marketing, traveling, dan kuliner. Selain itu dia juga menekuni bidang fotografi sebagai fotografer produk dan makanan. Saya juga menulis di https://www.deddyhuang.com

Selanjutnya

Tutup

Palembang Artikel Utama

Susur Sungai Musi, Rasakan Sensasi Cipratan Air Sungai

25 Juli 2021   19:20 Diperbarui: 25 Juli 2021   21:27 9183 20 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Susur Sungai Musi, Rasakan Sensasi Cipratan Air Sungai
Kapal angkut yang ada di Sungai Musi (sumber : deddyhuang.com)

Kota Palembang memang identik dengan pempek sebagai kuliner khas yang wajib dicari ketika berkunjung ke Palembang. Namun, bukan hanya wisata kuliner saja yang bisa kamu jumpai sewaktu tiba di Palembang. Kamu juga bisa menemukan wisata air untuk menyusuri Sungai Musi yang menjadi sungai terpanjang yang ada di Sumatera.

Walau suasana pandemi seperti ini, wisata air masih menjadi primadona saya untuk kabur sejenak dari jenuh.

Terlebih lokasi Sungai Musi memang persis di tengah kota sehingga sangat mudah menjadi titik temu para pelancong. Terbentang megah bangunan Jembatan Ampera yang menghubungkan kawasan Ulu dan Ilir dengan perahu ketek.

Moda transportasi yang menjadi andalan bagi warga lokal Palembang untuk menyebrangi Sungai Musi adalah perahu ketek.

Melancong Wisata Air di Sungai Musi

Perahu Ketek masih digunakan sebagai sarana transportasi tradisional sampai sekarang. Dan juga sebagai tempat tinggal oleh masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Musi pada masa lampau.

Air Sungai Musi menjadi sumber kehidupan bagi warga bantaran sungai. Aktivitas yang masih bisa kita jumpai mulai dari MCK (mandi, cuci, kakus) di sekitaran bibir sungai. Di kala sore, anak kecil pun sudah pandai menyelam.

Masih banyak masyarakat luar Palembang yang belum mengetahui adanya destinasi wisata Sungai Musi menyusuri kawasan menggunakan perahu ketek ini.

Kebanyakan wisatawan yang datang hanya berkunjung ke Jembatan Ampera sebagai ikon kota Palembang. Lalu, pergi lagi untuk mencari toko-toko pempek. Hal ini sangat wajar, karena pemerintahan kota sendiri terlihat kurang antusias untuk menjadikan Sungai Musi sebagai sektor wisata utama di Kota Palembang.

Tidak sulit untuk menemukan perahu ketek di Palembang. Dermaga perahu yang dibangun persis berada di bawah Jembatan Ampera. Hampir rata-rata tukang perahu ketek akan memanggil-manggil untuk menawarkan kamu naik perahu mereka.

Kamu mau ikut naik perahu ketek bareng saya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x