Deddy Huang
Deddy Huang Blogger. Traveller. Freelancer.

I am a traveller, storyteller and blogger who loves different cultures and heritage. I love to share about all the magnificent and beautiful destinations in the world. Visit my travel blog at https://www.deddyhuang.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Melihat Kesiapan Venue Asian Games 2018 di Palembang

6 Agustus 2018   21:49 Diperbarui: 9 Agustus 2018   14:47 934 3 1
Melihat Kesiapan Venue Asian Games 2018 di Palembang
Venue Asian Games 2018 (sumber : deddyhuang.com)

Tinggal hitungan hari lagi pelaksanaan Asian Games 2018 akan berlangsung. Pelaksanaan yang akan dilakukan bukan hanya di Jakarta saja melainkan didampingi Palembang menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Indonesia kembali menorehkan prestasi, untuk kedua kali Indonesia mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah Asian Games.

Kota Palembang kian cantik, banyak Venue Asian Games 2018 dan pembangunan gedung yang diperuntukanuntuk menampung sekitar 2500 orang dari 45 negara peserta Asian Games 2018.

Pastinya, akan banyak sekali membutuhkan fasilitas yang lengkap dan nyaman untuk delegasi bangsa. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring menjadi venue utama tempat pelaksanaan pertandingan skala internasional ini. Tentunya menjadi pekerjaan rumah untuk terus berbenah agar venue pertandingan layak dan memiliki standar.

Informasi yang saya dapat, ada sekitar 41 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada Asian Games 2018. Diantaranya ada 13 cabang olahraga yang akan diselenggarakan di Palembang. Mulai dari Bowling, Dayung (Kano/Kayak, Perahu Naga, Rowing), Sepakbola Putri, Roller Sport (Roller Skate dan Skateboard), Sepak Takraw, Menembak, Panjat Tebing, Tenis Lapangan, Triathlon, dan Voli Pantai.

Sinar Mas Bowling Center (sumber : deddyhuang.com)
Sinar Mas Bowling Center (sumber : deddyhuang.com)
Beberapa waktu lalu, saya dengan teman-teman lainnya melihat bagaimana kesiapan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. Terlihat banyak sekali venue yang sedang mengalami perbaikan sekaligus pembenahan. Area GSJ jadi lebih nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga.

Salah satu bangunan baru yang ada di Gelora Sriwijaya Jakabaring adalah venue Bowling. Lokasi pembangunan venue bowling memiliki luas bangunan sekitar 4.200 meter persegi.

Sejak awal saya melihat bangunan venue bowling sendiri merasa venue besar ini pastinya memiliki fasilitas yang memadai untuk atlet bertanding. Halaman luas yang masih dalam pembangunan ini nantinya akan dibuat cantik. Dari bangunan depan, kita akan melihat ada nama Sinar Mas sudah terpampang besar.

Saya jadi penasaran, apa hubungannya Sinar Mas dengan venue bowling yang saya lihat.

Sinar Mas Bowling Center (sumber : deddyhuang.com)
Sinar Mas Bowling Center (sumber : deddyhuang.com)
Ada 40 line (sumber : deddyhuang.com)
Ada 40 line (sumber : deddyhuang.com)
Nyatanya, venue bowling yang dibangun kokoh di atas lahan seluas 2.8 hektar adalah bentuk dukungan Asia Pulp Paper (APP) Sinar Mas sebagai official partner Asian Games 2018 yang memakan dana Rp 27 miliar. 

Venue bowling di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang akan digunakan dalam ajang olahraga Asian Games 2018. Keterlibatan APP Sinar Mas tentunya bukan tanpa alasan karena APP Sinar Mas komitmen mendukung program pemerintah, Untukmu Indonesiaku.

Saya termasuk salah satu yang beruntung saat diajak melihat isi dalam bowling center tersebut. Nantinya gedung bowling ini dinamakan Sinar Mas Bowling Center dan merupakan bowling center yang memiliki standar nasional. 

Bowling center ini memiliki 40 lintas bowling yang mana jumlah jauh lebih banyak dari rata-rata bowling center lainnya yang hanya memiliki 20 hingga 30 lintasan. Boleh dikatakan Sinar Mas Bowling Center saat ini merupakan venue bowling terbaik di Indonesia.

Pengunjung umum sedang mengantri (sumber : deddyhuang.com)
Pengunjung umum sedang mengantri (sumber : deddyhuang.com)
Serunya bermain bowling (sumber : deddyhuang.com)
Serunya bermain bowling (sumber : deddyhuang.com)
Menariknya dari venue Asian Games 2018 ini juga terbuka untuk masyarakat umum yang ingin merasakan olahraga bowling. Untuk sementara sebelum pelaksanaan Asian Games 2018, masyarakat umum bisa menikmati permainan bowling hanya dengan 20 ribu rupiah untuk per-set 20 bola. 

Selain itu juga diwajibkan untuk menyewa sepatu atau membeli kaos kaki. Arena bermain bowling ini cukup baik sambutan dari masyarakat Palembang, jumlah kunjungan meroket tinggi ketika hari libur seperti sabtu atau minggu. Biasanya masyarakat datang bersama keluarga atau teman-teman untuk menciptakan strike!

Venue bowling yang dimiliki Palembang merupakan terbaik di Asia menurut Dewan Olimpiade Asia (OCA). Hal ini dilihat dari eksteriornya berbentuk dua pin bowling ini dapat menampung sampai 600 penonton yang disiapkan di lantai dua. Seluruhruangan dilengkapi full AC dengan suhu minimal 21 derajat. Hal itu tentunya akan membuat nyaman para atlet saat bertanding nanti.

Saya dan teman-teman lain sempat mencoba set permainan bowling. Bicara soal kenyamanan bermain, salah satu venue Asian Games 2018 ini memang tidak perlu diragukan.

Walau saya baru pertama kali mencoba bermain bowling, keseruan kami bermain memang tidak bisa ditutupi. Pembangunan Sinar Mas Bowling Center merupakan simbol penting bagi Indonesia untuk menunjukkan kemajuan bangsa ini dalam kesiapan menyambut Asian Games 2018.

Untukmu Indonesiaku (sumber : deddyhuang.com)
Untukmu Indonesiaku (sumber : deddyhuang.com)
Kualitas dan lengkapnya fasilitas venue bowling sebagai salah satu venue Asean Games 2018 di Palembang diharapkan setelah Asian Games nanti bisa selalu dipakai dan dirawat. Sebab sayang sekali dana yang sudah dikeluarkan oleh APP Sinar Mas tidak dimanfaatkan dengan baik.