Mohon tunggu...
Syaiful Rohman R
Syaiful Rohman R Mohon Tunggu... Guru - SMA Negeri 1 Sampang, Madura

Praktisi Pendidikan, Penulis, Penggiat Literasi, Pemerhati Lingkungan Hidup, Sosial Budaya, dan Kemasyarakatan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Membuka Pintu Kesediaan: Mendengarkan Pandangan Peserta Didik Tentang Dinamika Kelas

25 Februari 2024   09:23 Diperbarui: 25 Februari 2024   09:43 1249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam membangun sebuah lingkungan pembelajaran yang inklusif dan dinamis, penting bagi pendidik untuk melibatkan peserta didik secara aktif dalam merumuskan dan membentuk dinamika kelas. 

Salah satu aspek krusial yang dapat membuka pintu kesuksesan ini adalah dengan membuka telinga dan hati terhadap pandangan peserta didik. Menggali pemikiran dan pengalaman mereka tentang dinamika kelas tidak hanya mendukung proses pembelajaran, tetapi juga menciptakan rasa kepemilikan dan keterlibatan.

Pentingnya Mendengarkan Peserta Didik

Mendengarkan pandangan peserta didik tentang dinamika kelas adalah investasi dalam keberhasilan pembelajaran. Peserta didik adalah pihak yang paling langsung terlibat dalam proses belajar-mengajar, dan pengalaman serta pandangan mereka memberikan wawasan berharga tentang bagaimana kelas dapat menjadi lingkungan yang lebih baik. Ini menciptakan hubungan yang lebih kuat antara guru dan siswa, menghormati dan memahami keunikan masing-masing individu.

Mekanisme Mendengarkan Peserta Didik

Ada berbagai cara untuk membuka jalur komunikasi dengan peserta didik mengenai dinamika kelas. Salah satunya adalah dengan mengadakan forum diskusi terbuka atau sesi tanya jawab, di mana peserta didik dapat secara bebas menyampaikan pendapat dan ide mereka. Survei anonim juga dapat menjadi alat efektif untuk mengumpulkan pandangan tanpa adanya tekanan. Selain itu, pendidik dapat menciptakan kesempatan untuk berbicara secara pribadi dengan siswa, membangun kepercayaan dan memastikan bahwa setiap suara didengar.

Manfaat Mendengarkan Pandangan Peserta Didik

1. Keberlanjutan Perubahan Positif: Dengan mendengarkan pandangan peserta didik, guru dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan merumuskan tindakan yang relevan. Ini memungkinkan perubahan yang berkelanjutan dan responsif terhadap kebutuhan aktual peserta didik.

2. Peningkatan Keterlibatan: Peserta didik yang merasa didengar dan dihargai cenderung lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Hal ini menciptakan atmosfer kelas yang positif dan memotivasi, membuka ruang bagi kreativitas dan eksplorasi.

3. Membangun Hubungan yang Positif: Interaksi yang terbuka dan saling mendengarkan memperkuat hubungan antara guru dan siswa. Ini menciptakan lingkungan di mana peserta didik merasa nyaman untuk berbagi ide, mengajukan pertanyaan, dan berkontribusi tanpa takut dihakimi.

Langkah Menuju Kesediaan Mendengarkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun