Mohon tunggu...
Syaiful Rohman R
Syaiful Rohman R Mohon Tunggu... Guru - Guru SMA Negeri 1 Sampang, Madura

Praktisi Pendidikan, Penulis, Pegiat Literasi, Pemerhati Lingkungan, Sosial Budaya, dan Kemasyarakatan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Vaksinasi Covid-19 untuk GTK SMAN 1 Sampang

28 Maret 2021   11:10 Diperbarui: 28 Maret 2021   11:11 136 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pemberian vaksin atau vaksinasi merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi covid-19 yang masih terus berlangsung. Vaksinasi dilaksanakan untuk melengkapi upaya pencegahan penyakit covid-19, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi bepergian.

Untuk mendukung upaya di atas, pada hari Jum'at (26/03), pukul 08.00 WIB -- 11.00 WIB, telah dilaksanakan program Vaksinasi Covid-19 untuk Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) SMA Negeri 1 Sampang. Pelaksanaan program ini bertempat di SMAN 1 Sampang, yang difasilitasi oleh Dokter dan Tenaga Kesehatan lainnya dari Puskesmas Kamoning, Kec. Sampang, Kab. Sampang.

dokpri
dokpri
Para GTK SMAN 1 Sampang ini harus melewati serangkaian Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam pelaksanaan vaksinasi covid-19. Ada 4 (empat) tahap SOP, yaitu (1) meja 1, PENDAFTARAN, para GTK harus menyerahkan KTP untuk diverifikasi dan nomor HP, (2) meja 2, ANAMNESA dan SKRINING, petugas kesehatan melakukan tes tekanan darah, dan wawancara singkat tentang ada/tidaknya riwayat penyakit (hipertensi, diabetes, kanker, paru, jantung, asma, auto imun, covid-19, dll). (3) meja 3, VAKSINASI, dokter melakukan proses vaksinasi covid-19 kepada para GTK yang lolos pada tahap 1 dan 2, dan (4) meja 4, PENCATATAN dan PELAPORAN, petugas kesehatan mencatat para GTK yang melewati tahap 1, 2 dan 3, dan memberikan kartu vaksinasi covid-19 serta menerima link yang berisi sertifikat vaksinasi tahap 1.

dokpri
dokpri
Menurut petugas kesehatan dari Puskesmas Kamoning bahwa vaksinasi covid-19 dilakukan sebanyak 2 (dua) kali, yaitu pada hari ini (Jum,at -- 26/3) dan direncanakan pada hari Jum'at (09/04) yang akan datang. Kami berharap, walaupun GTK SMAN 1 Sampang telah divaksin covid-19, namun pihaknya tetap menghimbau para GTK dan semua siswa/i tetap menjaga dan melakukan protokol kesehatan.

Kepala SMAN 1 Sampang, Moh Sukardi mengungkapkan bahwa pihaknya sangat senang sekali, karena para GTK SMAN 1 Sampang sudah dilakukan vaksinasi covid-19. Mudah-mudahan GTK SMAN 1 Sampang tetap sehat wal'afiat, sehingga proses pembelajaran tatap muka di sekolah bisa berlangsung sesuai adaptasi kebiasaan baru," ujar beliau

Semoga bermanfaat .... (syafara)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan