Mohon tunggu...
Hanifa Paramitha Siswanti
Hanifa Paramitha Siswanti Mohon Tunggu... STORYTELLER

Penikmat kopi pekat tanpa gula ----- MC, TV Host, VO Talent ----- Instagram: @hpsiswanti ----- Podcast: anchor.fm/CelotehAmbu

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Branding UKM Melalui Digital Agency

15 Juni 2020   19:43 Diperbarui: 15 Juni 2020   19:44 190 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Branding UKM Melalui Digital Agency
foto: Antara

Indonesia memiliki kekuatan potensi ekonomi kerakyatan yang luar biasa melalui kehadiran jutaan UKM yang mempunyai produk atau jasa dalam beragam  kategori. Jaminan kualitas dan nilai produknya pun bahkan sanggup menyamai produk dari perusahaan besar atau luar negeri.

Namun kekuatan lokal ini seringkali tak mampu menancapkan taringnya karena kalah bersaing di tengah pasar yang sangat kompetitif. Hal tersebut amat  disayangkan karena menandakan adanya brand UKM yang belum terbangun baik di benak masyarakat, misalnya ketiadaan logo, identitas brand yang kurang kuat, atau desain kemasan yang tidak menarik.

Padahal brand yang tepat  dapat menjaring ketertarikan pasar, sehingga dapat mendongkrak nilai jual produk dan jasa.

Merujuk pendapat Phillip Kotler, branding adalah nama, istilah, tanda, simbol,  rancangan atau kombinasi dari semuanya untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual. Branding juga memiliki nilai diferensiasi yang membedakan barang atau jasa antar kompetitor.

Dengan demikian dapat dikatakan brand merupakan  wajah dari suatu perusahaan. Brand bukan sekadar logo, merk, dan tagline, melainkan lebih daripada itu. Brand memiliki keterkaitan dengan nilai ikatan emosional dan menciptakan rasa loyal bagi pasar.

Tentunya membangun brand tidak membutuhkan waktu sebentar dan harus melalui proses yang panjang karena proses membentuk brand memerlukan penyampaian nilai yang konsisten kepada pasar. Apabila hal itu berhasil dilaksanakan maka brand akan memiliki ketahanan watu yang sangat lama dan dikenal baik oleh target pasar.

Pentingnya Brand Bagi UKM

UKM yang memiliki brand baik akan memiliki ciri keunikan tersendiri yang membedakannya dengan kompetitor. Ciri tersebut turut berfungsi sebagai identitas otentik yang mampu diingat konsumen saat memerlukan  suatu produk.

Kemunculan logo secara repetitif pun ikut menjadi bahan promosi yang akhirnya memunculkan daya tarik pasar.  Peran brand consultant juga turut membantu UKM dalam membangun citranya sebagai brand yang mampu memberikan kualitas terbaik sekaligus meyakinkan pasar  akan keunggulan dari setiap produknya.

Selain itu, sebuah brand yang cukup kuat akan mampu menjadi pengendali dalam persaingan pasar karena memiliki identitas bisnis yang baik. Melihat pentingnya fungsi branding tersebut, sebuah konsultan brand akan menemani UKM untuk mengomunikasikan nilai brand sebagai  bentuk representasi produk tertentu kepada pasar.

Pada akhirnya, brand yang kuat dapat membawa UKM menjadi lebih berkembang dan dikenal pasar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x