Mohon tunggu...
Hotpangidoan Panjaitan
Hotpangidoan Panjaitan Mohon Tunggu... Administrasi - Pak Edo

Saya penulis lepas pecinta tulisan umum, sastra, adat, sosial dan dan budaya. \r\n\r\n"Satu Huruf Bermakna, Sebaris Kata Bernyawa, Sebait kata bercerita, Sesederhana Tulisan Berharga" hp-2011 \r\n\r\nHORAS

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Mengapa Satpam Layak Mendapat Penghargaan?

11 November 2023   07:00 Diperbarui: 12 November 2023   11:51 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Satpam dapat diakui atas kerja keras dan dedikasinya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di berbagai tempat di Indonesia. Melalui tahapan pelatihan yang ketat, satpam menjadi pelindung yang andal dalam menjaga keamanan dan memberikan rasa tenang bagi masyarakat. Oleh karena itu, pantas jika satpam diberikan medali sebagai penghargaan atas upaya dan pengorbanannya. Takjarang Satpam menjadi korban kekerasan, penyekapan bahkan pembunuhan dalam bertugas. 

Satpam yang merupakan kepanjangan dari Satuan Pengamanan merupakan garda terdepan bagi keamanan suatu lokasi. Pekerjaan mereka mencakup perlindungan, pengawasan, dan penegakan disiplin serta tindakan preventif dalam menjaga keselamatan orang-orang yang berada di sekitar tempat tersebut.

Satpam yang memiliki tugas untuk menjaga keamanan kebanyakan tidak hidup dengan gaji layak dan mendapat perlakuan kurang layak dari masyarakat. Padahal, mereka juga berusaha keras dalam menjaga keamanan. Untuk menjadi seorang satpam, seseorang harus melewati tahapan pelatihan yang ketat. Mereka belajar tentang berbagai keterampilan, mulai dari teknik patroli, pemantauan Kamera Pengawas (CCTV), hingga penanganan bahan peledak. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa para satpam memiliki kemampuan dan keterampilan yang diperlukan dalam menjaga keamanan.

Namun, pihak-pihak yang mengikutsertakan satpam dalam menjaga keamanan cenderung kurang memperhatikan kesejahteraan dan penghargaan atas kinerja yang mereka lakukan. Kondisi ini memberikan dampak buruk untuk motivasi dan semangat para satpam dalam bertugas. Satpam juga layak mendapatkan pengakuan atas upaya mereka dalam menjaga keamanan. Hal ini dapat diwujudkan melalui pemberian medali, sertifikat, atau hadiah.

Kesimpulannya, satpam berperan penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di berbagai lokasi, dan melalui tahapan pelatihan yang ketat, satpam menjadi pelindung yang andal dalam menjaga keamanan dan memberikan rasa tenang bagi masyarakat. Oleh karena itu, pantas jika satpam diberikan medali sebagai penghargaan atas upaya dan pengorbanannya. Dengan cara ini, masyarakat dapat memperlihatkan penghargaannya atas pekerjaan para satpam dan memberikan semangat agar keamanan dapat selalu terjaga dengan baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun