Mohon tunggu...
Geraldo Horios
Geraldo Horios Mohon Tunggu... Lainnya - 没有人 v ホセ

Writing to expand my cup and reducing stress

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

5 Ide Bisnis Tanaman di Pekarangan Rumah

5 Juni 2022   04:30 Diperbarui: 5 Juni 2022   07:24 234 17 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto: Bonsai Tree Gardener

Tanaman memiliki peran yang krusial bagi lingkungan dan manusia. Dilingkungan rumah, tanaman memiliki peran untuk menangkal polusi udara, menjaga kesehatan mental, meningkatkan produktivitas dan fokus, hingga mempercepat masa pemulihan setelah sakit. Mengetahui manfaatnya, tidak heran jika banyak ibu rumah tangga atau wanita karir menyukai berkebun karena fungsinya untuk mengurangi stress.

Sebagai ibu rumah tangga, kamu tentu mau hobi berkebunmu tersalurkan sekaligus menghasilkan penghasilan tambahan di rumah. Berikut beberapa jenis tumbuhan yang dapat menjadi referensi untuk ditanam berikutnya. 

1. Tanaman Hias Lokal

Sumber foto: depositphotos
Sumber foto: depositphotos

Pada tanggal 29 Mei, Wapres mendorong pengembangan tanaman hias lokal di Kontes Nasional Aglaonema Nasional. Ada beragam jenis tanaman hias lokal. Banyak tanaman hias yang tren saat pandemi, namun hanya beberapa saja yang tetap menjadi kegemaran masyarakat. Beberapa yang masuk kategori profitable hanya Aglaonema, Monstera, Lidah Mertua, Janda Bolong, dan Wijaya Kusuma. 

Aglaonema, Janda Bolong, dan Monstera menjadi tanaman hias lokal yang pasti sudah banyak peminat. Namun kamu dapat melakukan variasi dengan mencoba Lidah Mertua dan Wijaya Kusuma. Lidah Mertua bukan hanya berfungsi sebagai penghias ruangan namun juga berfungsi untuk membersihkan udara dari karbon dan zat beracun di udara. 

Lidah Mertua cocok untuk diletakkan di dalam kamar dan ruangan. Sedangkan Wijaya Kusuma merupakan tanaman hias yang memiliki arti kemuliaan hidup dan membawa keberuntungan. Wijaya Kusuma juga unik karena hanya mekar di malam hari dan memendarkan aroma wangi. 

2. Tanaman Obat dan Masakan

Aumber foto: smartgardenguide.com
Aumber foto: smartgardenguide.com

Tanaman obat keluarga (TOGA) dapat menjadi pilihan alternatif jika kamu memiliki pekarangan yang cukup luas. Selain sebagai tanaman hias, tanaman ini berfungsi sebagai obat herbal keluarga, hingga dijual kembali. Tanaman yang termasuk kategori ini adalah Lidah Buaya, Daun Sirih, Cocor Bebek, Daun Kemangi, Daun Salam dan lain-lain.

Selain TOGA, kamu dapat menanam tanaman yang cocok sebagai bahan masakan seperti Jahe, Temulawak, Daun Pandan, Jeruk Nipis dan lainnya. Sekalipun kamu tidak dapat membuat berbagai jenis tanaman ini sebagai bisnis, setidaknya kamu dapat membuat berbagai jenis tumbuhan ini sebagai perlengkapan obat dan masakan di rumah. 

3. Tanaman/Bunga Teh

Sumber foto: pexels
Sumber foto: pexels

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan