Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Penulis - Cerpenis.

Enam buku antologi cerpennya: Rahimku Masih Kosong (terbaru) (guepedia, 2021), Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (guepedia, 2021), Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (guepedia, 2021), Dua Jempol Kaki di Bawah Gorden (guepedia, 2021), dan Pelajaran Malam Pertama (guepedia, 2021). Satu buku antologi puisi: Coretan Sajak Si Pengarang pada Suatu Masa (guepedia, 2021). Satu buku tip: Praktik Mudah Menulis Cerpen (guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Artikel Saya Dijiplak, Sial!

13 Juli 2021   09:44 Diperbarui: 13 Juli 2021   09:46 317 23 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Artikel Saya Dijiplak, Sial!
Tangkapan layar dari siapgrak.com

Selamat pagi, diari. Mohon maaf, tulisan saya kali ini tidak menginspirasi. Hanya sebuah keluhan dan curhat seputar kabar tidak mengenakkan dalam dunia kepenulisan.

Biasanya saya hanya mengamati dari kisah teman. Bu Fatmi sering berbagi seputar puisinya. Bu Siska juga tentang artikelnya. Di grup Inspirasiana, saya merespons ketidaksukaan.

Sekarang, saya sendiri harus mengalami. Saya sebetulnya tidak sembarang menulis artikel. Sebagian besar unik, mencerminkan sudut pandang dan keanehan pikir saya.

Eh! Malam kemarin, artikel saya dijiplak, Diari. Itu tuh, yang judulnya Hati-hati Membuang Bungkus Paket! Pembacanya lumayan di Kompasiana, lebih dari seribu.

Saya pikir banyak nilai dari artikel itu. Bermanfaat, aktual, dan unik (karena di Kompasiana, baru saya yang membahas seputar bungkus paket). Disematkan Artikel Utama oleh Admin.

Ada kelemahan saya temukan setelah analisis tampilan di situs siapgrak.com...

Saya tidak pernah terdaftar sebagai penulis di tempat penjiplak itu. Menyumbang tulisan satu pun tidak ada. Saya tidak pernah berkomunikasi dengan mereka. Tetapi, nama saya diterakan di bagian akhir artikel sebagai penulisnya.

Ilustrasi gambar saya ambil sumbernya dari freepik.com. Pada tampilan, diubah menjadi SIAPGRAK.COM. Terkait waktu penayangan, mereka sangat presisi mengamati.

Di Kompasiana, artikel saya unggah pertama kali 11 Juli 2021 pukul 06.23. Pada tampilan, sama. Hebat ya, semata-mata agar kita bingung mendeteksi mana yang lebih dulu mengunggah. Pintar tetapi untuk kejahatan. Miris.

Tangkapan layar dari Google
Tangkapan layar dari Google
Dalam pencarian di mesin peramban, posisi artikel jiplakan mereka dekat dengan artikel asli. Hanya dipisahkan satu artikel. Judulnya sama, tetapi kalimat pengantar berbeda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x