Mohon tunggu...
Y. Edward Horas S.
Y. Edward Horas S. Mohon Tunggu... Cerpenis.

Penulis Buku Antologi Cerpen Juang (YPTD, 2020), Kucing Kakak (guepedia, 2021), dan Tiga Rahasia pada Suatu Malam Menjelang Pernikahan (guepedia, 2021).

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Jangan Lupakan Yu Ning! (Sisi Positif "Tilik")

23 Agustus 2020   06:34 Diperbarui: 23 Agustus 2020   07:06 679 11 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Lupakan Yu Ning! (Sisi Positif "Tilik")
Yu Ning, Sumber: threadreaderapp.com

Belum basi sepertinya bila aku baru berpendapat atas karya anak bangsa ini. Dari kemarin, terasa gatal tangan ini jika tidak mengetik tulisan sebagai bentuk apresiasinya. Akhirnya, kuputuskan kutulis dan tayang hari ini, tepat enam hari terhitung sejak karya terbit di youtube. Hehe...

Adalah "Tilik", sebuah film pendek berdurasi 32 menit 34 detik dan disutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo. 


Film yang diperankan oleh mayoritas ibu-ibu desa ini, berhasil menarik perhatian sebagian masyarakat Indonesia. Bahkan, menjadi trending topic di twitter. 

Secara garis besar, film bercerita tentang kegiatan tilik (besuk orang sakit) di rumah sakit menggunakan truk. Sepanjang membesuk, ada perbincangan gosip di dalamnya. Diperankan oleh Siti Fauziah sebagai Bu Tejo, Briliana Desy sebagai Yu Ning, dan lainnya.

Bagiku sendiri, setelah menonton lebih dari satu kali (karena suka, hehe...), ada beberapa bagian dalam film yang patut diapresiasi:

Mengangkat budaya

Ilustrasi Rombongan yang Besuk di Rumah Sakit, Sumber: ristansari.blogspot.com
Ilustrasi Rombongan yang Besuk di Rumah Sakit, Sumber: ristansari.blogspot.com
Tidak hanya di daerah seputar Yogyakarta (lokasi film), budaya tilik telah dikenal baik di masyarakat Jawa. Bila ada tetangga sakit, apalagi dirawat di rumah sakit, tetangga sekitar pasti menyempatkan untuk membesuk dan tak lupa memberikan bantuan uang sebagai bentuk perhatian sekaligus sedikit meringankan beban keluarga yang dibesuk. 

Aku, yang tinggal di kota Jepata, Jawa Tengah, pernah menyaksikan sendiri mamaku melakukannya. Bila rombongan sedikit, bisa menggunakan mobil kecil. Sementara kalau banyak, terkadang menyewa bus besar. 

Akting terlihat sangat alami

Ilustrasi Akting, Sumber: dramakreasi.blogspot.com
Ilustrasi Akting, Sumber: dramakreasi.blogspot.com
Aku dan sebagian Anda pasti setuju kalau akting para pemeran terlihat sangat alami. Mereka lepas sekali dalam bertutur naskah cerita, dengan emosi pas pula. Faktor kebiasaan tilik telah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, sedikit banyak mendukung alamiah ini. 

Celoteh yang kental dengan logat kedaerahan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x