Mohon tunggu...
christi kevin kyken
christi kevin kyken Mohon Tunggu... Petani - Warrior God of Agriculture

- Senang berimprovisasi - Sedang berlatih untuk berpikir kritis dan open minded - Sangat ingin menjadi ahli botani, arsitek pertanian dan filsuf

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Serba Serbi Nanas

27 November 2023   21:11 Diperbarui: 27 November 2023   21:19 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Sumber: RiauMakmur)

Di seluruh dunia terdapat berbagai macam jenis tumbuhan dan tanaman. Dan setiap tempat memiliki tumbuhan dan tanaman yang mempunyai ciri khas tersendiri. Tak hanya itu, tumbuhan dan tanaman juga memiliki manfaat tersendiri bagi manusia.

Tumbuhan dan tanaman terbagi menjadi berbagai macam seperti tanaman pangan, tanaman sayur, buah dan lain sebagainya. Bagian yang dimanfaatkan juga bermacam-macam tergantung kebutuhan manusia. Tumbuhan dan tanaman dimanfaatkan manusia untuk berbagai kebutuhan salah satunya sebagai makanan.

Sebagai sumber makanan, terdapat beberapa tumbuhan dan tanaman yang menjadi makanan pokok seperti gandum, padi, singkong, sagu dan kentang. Terdapat juga tumbuhan dan tanaman yang menjadi makanan pendamping seperti sayuran dan buah - buahan. Sayuran biasanya disantap bersamaan dengan makanan pokok, sedangkan buah menjadi makanan penutup sebagai pencuci mulut.

Tumbuhan dan tanaman yang menjadi sumber makanan akan memberikan manfaat bagi manusia. Tumbuhan dan tanaman memiliki kandungan nutrisi yang sangat berguna bagi manusia. Dengan nutrisi yang dimiliki tumbuhan dan tanaman ini dapat membuat tubuh manusia menjadi sehat.

Salah satu tumbuhan atau tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi manusia adalah buah nanas. Nanas berasal dari negara Brazil sebagai buah eksotis. Di Indonesia buah nanas
biasa  menjadi bahan rujak dan bahan masakan.

Nanas memiliki nama latin Ananas fructus dan dalam beberapa bahasa seperti bahasa inggris disebut pineapple. Di Indonesia sendiri sebutan untuk nanas bermacam - macam seperti honas/hanas dalam bahasa Batak, gona (Nias), anes (Aceh), naneh (Minang), manas (Bali), kanas (Melayu), panda (Sumba) dan lain sebagainya. 

Tanaman nanas dapat tumbuh pada ketinggian 1 - 1.300 mpdl dengan keadaan yang bisa mendapatkan paparan matahari secara penuh. Di Indonesia, nanas biasanya ditanam di perkarangan rumah dan di kebun. Nanas dapat tumbuh dan dipanen setelah satu tahun atau dua tahun.

Nanas tergolong ke dalam tanaman tahunan. Nanas membutuhkan waktu yang lama untuk dapat berbuah dan mematangkan buahnya. Namun walau begitu, nanas memiliki nutrisi dan manfaat yang sangat baik bagi manusia.

Buah nanas mengandung vitamin A dan C, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, bromelain dan nutrisi lainnya.  Bromelain memiliki manfaat bagi tubuh manusia sebagai anti radang, melunakkan makanan di lambung, mengganggu pertumbuhan sel kanker dan mempunyai aktivitas fibrinolitik. Kandungan serat pada buah nanas dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit.

Buah nanas memiliki manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Buah nanas dapat mengatasi asam lambung yang berlebihan, membantu mencerna makanan di lambung, membersigjan jaringan kulit yang mati, menghambar penggumpalan darah dan lain sebagainya. Tidak hanya buah nanas yang memiliki banyak manfaat, namun daun nanas juga bermanfaat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun