Mohon tunggu...
christi kevin kyken
christi kevin kyken Mohon Tunggu... panggilsajakyken

hi.

Selanjutnya

Tutup

Wisata

HUBUNGAN AGROWISATA KOPENG GUNUNG SARI DAN PERTANIAN BERKELANJUTAN

5 Agustus 2020   16:47 Diperbarui: 6 Agustus 2020   15:37 20 3 0 Mohon Tunggu...

Agrowisata merupakan aktivitas wisata yang melibatkan lahan pertanian ataupun fasilitas terkait seperti silo dan kandang yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Agrowisata memiliki banyak variasi dan bentuk. Contohnya seperti wisata petik buah atau memberi makan hewan ternak. Salah satu bentuk agrowisata yaitu Agrowisata Kopeng Gunung Sari.

Agrowisata Kopeng Gunung Sari merupakan salah satu lokasi agrowisata yang berada di Desa Kopeng, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Ada banyak fasilitas yang dapat dinikmati di agrowisata ini dan pemandangan yang disajikan pun sangat menakjubkan. Beberapa fasilitasnya yaitu petik dan makan buah jambu gratis di lokasi, taman bunga, camping ground, resto dengan kuliner tradisional dan spot foto dengan arsitektur bambu. Agrowisata Kopeng Gunung Sari juga memiliki menara pandang. Dengan menara pandang ini kita dapat menikmati pemandangan gunung – gunung yang ada seperti Gunung Andong, Gunung Telomoyo bahkan Gunung Sindoro-Sumbing. Di agrowisata ini juga ada kedai – kedai kecil yang menjual jajanan kecil dan ada juga yang menjual tanaman hias yang dapat kita beli sebagai souvenir. Ada juga orang – orang yang menyewakan kuda untuk ditunggangi tetapi tetap dengan pengawasan sang pemilik kuda.

Dilihat dari segi pertanian berkelanjutannya, Agrowisata Kopeng Gunung Sari memenuhi beberapa hal dari 3 asas pengelolahan lahan. Pertanian berkelanjutan adalah pertanian yang dapat dikembangkan secara tidak terbatas ke arah manfaat yang semakin besar bagi manusia. Penggunaan sumberdaya yang lebih efisien dan berkeseimbangan dengan kondisi lingkungan yang sesuai dengan manusia dan spesies lainnya. Agrowisata Kopeng Gunung Sari memiliki fasilitas taman bunga dan di dalamnya juga terdapat kedai yang menjual tanaman hias, sehingga masyarakat sekitar agrowisata bisa mendapatkan pemasukan dari menjual tanaman hias. Kemudian fasilitas taman bunga memberikan peluang petani tanaman hias untuk memperkenalkan bunga – bunganya kepada wisatawan yang datang. Fasilitas petik dan makan jambu gratis juga dapat memberikan kesejahteraan kepada wisatawan yang datang.

Agrowisata Kopeng Gunung Sari juga memberikan pembelajaran tentang hidroponik dan akuaponik. Hidroponik dan akuaponik merupakan contoh budidaya tanaman dalam pertanian. Namun Agrowisata Kopeng Gunung sari harus berhati – hati terhadap keberlanjutan pertanian yang ada terlebih untuk taman bunga dan perkebunan jambu. Agrowisata Kopeng Gunung Sari harus melihat hal – hal lainnya yang berada di 3 asas pengelolaan lahan. Keberagaman spesies yang berada di lokasi harus diperhatikan, kemudian kemampuan dari petani juga seperti petani jambu bisa ditingkatkan. Mungkin Agrowisata Kopeng Gunung Sari dapat membuat pembelajaran bagi petani – petani sekitar seperti halnya yang dilakukan dengan pemberian pemberlajaran hidroponik. Akan tetapi petani – petani ini dilatih dalam pengembangan teknik budidaya tanaman hias dan pelatihan budidaya lainnya seperti budidaya strawberry, semangka, dan jeruk, dengan begitu wisata petik buah tidak hanya satu jenis buah. Sehingga Agrowisata Kopeng Gunung Sari memiliki fasilitas – fasilitas unggulan lainnya yang mungkin secara ekonomi akan memberikan profit yang menguntungkan.

Dilihat dari website agrowisatakopeng.com, Agrowisata Kopeng Gunung Sari berencana memberikan fasilitas – fasilitas lain untuk kedepannya seperti Paket Edukasi Pertanian untuk PAUD – SMP, resort, fish spa, playground, kolam renang, highrope outbond, ATV land dan glamour camping. Mungkin untuk paket edukasi pertanian, tidak hanya diajarkan teori tetapi juga anak – anak bisa diberikan praktiknya secara langsung. Agrowisata Kopeng Gunung Sari bisa menyediakan lahan sendiri untuk praktiknya sehingga antusias anak – anak dalam bertani akan berasa nyata dan anak – anak akan senang. Edukasi yang diberikan bisa merupakan edukasi pertanian berkelanjutan yang berkonsep agar lahan pertanian bisa dapat digunakan secara terus menerus. Kemudian, mungkin Agrowisata Kopeng Gunung Sari juga bisa menambahkan wisata indoor yang dapat diisi dengan hidroponik, akuaponik dan vertical culture. Dengan begitu wisata kopeng memiliki kelebihan lainnya yang dapat menarik wisatawan untuk datang.

Dengan kondisi yang cukup dingin di daerah Kopeng, Agrowisata Kopeng Gunung Sari dapat menambahkan fasilitas pemandian air panas sambil menikmati pemandangan indah gunung – gunung yang telah disajikan beserta perkebunan buah – buah yang ada dibawahnya. Fasilitas ini mungkin tidak kalah menarik dari  fasilitas – fasilitas lainnya. Dibandingkan menjadikan Agrowisata Kopeng Gunung Sari menjadi wisata outbond akan lebih baik bila lebih berfokus ke agrowisatanya saja. Dengan menerapkan konsep pertanian berkelanjutan, Agrowisata Kopeng Gunung Sari tidak hanya menjadi lokasi wisata yang dapat menenangkan dan menyenangkan, tetapi juga dapat mejaga keberagaman spesies disekitar lokasi dan menjaga kesejahteraan warga sekitar.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x