Mohon tunggu...
Hogiliano
Hogiliano Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi / Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik / Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Wow! Mahasiswa KKN Undip Mengakselerasi Potensi UMKM di Pakintelan

10 Agustus 2022   14:24 Diperbarui: 10 Agustus 2022   15:08 53 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Semarang, 10 Agustus 2022

Era Globalisasi sudah tidak bisa dihindarkan, kompetisi merupakan suatu yang niscaya. Dalam Era Industri 4.0 kecepatan merupakan nilai yang sangat besar, dimana menurut Presiden Republik Indonesia “Negara cepat akan menang bersaing dengan Negara lambat”. Dalam persaingan ekonomi sendiri UMKM adalah lini usaha yang sangat penting,  di Indonesia UMKM menyumbang 61,7% dari total pendapatan bruto Indonesia. 

Untuk memaksimalkan hal tersebut Mahasiswa KKN UNDIP yang diterjunkan di kelurahan Pakintelan, Kecamatan Gunung Pati, kota Semarang mengadakan pelatihan serta edukasi yang komperhensif untuk menciptakan UMKM yang berkelanjutan di Era Industri 4.0.Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama Tim KKN UNDIP dengan LPMK kelurahan Pakintelan. 

Kegiatan ini berfokus untuk mempersiapkan UMKM di kelurahan Pakintelan untuk dapat bersaing di era industri 4.0. Setelah melihat kondisi UMKM yang ada, maka dipersiapkan materi – materi yang relevan untuk meningkatkan penjualan, salah satunya merupakan pentingnya Branding dalam penambahan nilai jual produk. 

Selain itu untuk membuat UMKM yang dapat berkelanjutan pada Era Industri 4.0, dijelaskan juga cara untuk memperluas jangkauan penjualan, dengan melakukan pembukaan toko secara online melalui salah satu aplikasi e commerce.

Pemaparan materi diusahakan semudah mungkin untuk dapat diaplikasikan pada produk – produk yang akan dijual dan dapat dilakukan secara mandiri oleh para pelaku UMKM. 

Materi Branding yang dijelaskan meliputi typography, psikologi warna, serta kesesuaian elemen dengan produk serta target pasar sedangkan materi perluasan jangkauan pasar sendiri dibawakan dengan menggunakan audio visual sehingga secara praktis dapat dilakukan oleh para pelaku UMKM.

Selain pemaparan materi Tim KKN juga membuat model kemasan, dengan re – branding logo, dan juga membuatkan akun e commerce untuk berjualan secara daring. Pembuatan prototype ini juga diharapakan dapat menjadi contoh yang dapat diamati, ditiru, dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan para pelaku UMKM di Kelurahan Pakintelan. 

Dengan adanya ekosistem digital yang diedukasi oleh Tim KKN, diharapkan dapat menjadi akselerasi untuk para pelaku UMKM.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan