Mohon tunggu...
Hara Nirankara
Hara Nirankara Mohon Tunggu... Penulis Buku

Kadang seperti anak kecil.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

(Menjadi) Introvert Bukan Aib!

6 November 2019   09:38 Diperbarui: 6 November 2019   14:00 0 11 2 Mohon Tunggu...
(Menjadi) Introvert Bukan Aib!
Ilustrasi introvert (shutterstock)

“Orang dengan kepribadian introvert bukannya tidak bisa melakukan apa-apa, justru mereka bertanggung jawab, memiliki jiwa pemimpin, dan berwawasan luas.” 

Introvert merupakan salah satu bentuk kepribadian yang dimiliki oleh manusia, seorang introvert biasanya mengabiskan waktunya sendirian pada waktu-waktu tertentu ketika merasa jenuh dengan rutinitas yang dijalaninya. 

Ada banyak bentuk "me time" yang dilakukan oleh seorang introvert, namun rata-rata dari mereka memilih untuk membaca buku, mendengarkan musik di kamar, atau pergi ke tempat yang sejuk dan sepi.

Saya sendiri merupakan salah satu manusia dengan kepribadian introvert. Ketika saya sedang jenuh, biasanya saya pergi ke rumah saudara saya yang ada di desa dan bermain sendirian di sungai yang di sekelilingnya banyak bebatuan besar dan juga pohon-pohon.

Banyak yang mengira bahwa seorang introvert adalah orang yang anti sosial, pendiam, pemalu, cuek, dan yang lebih parah adalah, banyak orang meremehkan orang yang mempunyai kepribadian introvert. 

Benar memang, saya cepat bosan ketika berada di tengah keramaian, pribadi yang cuek bahkan ketika ada wanita cantik sekali pun, saya akan tetap cuek. 

Benar juga, saya merupakan pribadi yang pendiam dan pemalu, tetapi saya berubah menjadi pribadi yang sangat cerewet dan menyebalkan ketika sedang berkumpul dengan teman yang sudah akrab.

Dan masalah pemalu, dulunya saya memang pemalu, selalu nervous ketika harus melakukan interaksi sosial lebih dulu. Tetpai hal itu lambat laun berubah seiring bertambahnya usia dan semakin banyaknya pengalaman saya ketika merantau ke Jakarta. 

Namun jangan salah, tidak sepantasnya kalian meremehkan orang dengan kepribadian introvert. Kenapa? Hillary Clinton dan Barack Obama merupakan dua contoh manusia dengan kepribadian introvert.

Saya sendiri memang menolak ketika akan dijadikan ketua dalam kelompok KKN, tapi berhubung team saya 'ala kadarnya', terpaksa saya yang mengambil alih jabatan ketua walau sebenarnya saya sebagai sekertaris dalam kelompok itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x