Mohon tunggu...
Hidayah Qudus
Hidayah Qudus Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Writer, Full time Blogger

Pemilik blog https://hiqudsstory.com dan https://mlaqumlaqu.com. Akun instagram @hiquds, twitter @hi_quds

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Eismayer Jadi Film Pembuka di 100% Manusia Film Festival 2022

1 November 2022   14:12 Diperbarui: 1 November 2022   14:21 311
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
film Eismayer, dokpri @yahoo.com

Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober lalu menjadi momen diresmikannya pembukaan 100% Manusia Film Festival yang bertempat di IFI (Institut Francais Indonesia), Jalan Thamrin, Jakarta. Festival yang diadakan secara hybrid ini mengambil tema "Changemakers" yang dimaksudkan untuk dapat mengubah prespektif masyarakat akan isu-isu Hak Asasi Manusia.

Dalam malam pembukaan 100% Manusia Film Festival ini hadir Rain Cuaca selaku Festival Director, Charlotte Esnou sebagai Cultural Attache of Institut Francais Indonesia, Phillip Roessl sebagai Deputy Head of Mission of Austrian Embassy, dan juga Andri chung sebagai Festival Ambassador. 

Perhelatan 100% Manusia Film Festival ini juga menghadirkan aneka kegiatan seperti talkshow, pembacaan puisi, diskusi buku juga musik etnik yang menghadirkan seniman-seniman muda berbakat. Bukan itu saja, akan hadir juga pengecekan kesehatan fisik dan mental di 100% Manusia Film Festival, serta sesi curhat bersama psikolog.

Rain Cuaca membuka 100% Manusia Film Festival, dokpri @hiquds
Rain Cuaca membuka 100% Manusia Film Festival, dokpri @hiquds

dokpri: @hiquds
dokpri: @hiquds

Film Eismayer, cinta dan maskulinitas

Film Eismayer besutan sutradara David Wagner yang memenangkan Best Film Grand Prize Venice International Critics Week di Venice Film Festival 2022 ini menjadi film pembuka di malam pembukaan 100% Manusia Film Festival. Film yang berlatar belakang pendidikan ketentaraan ini menceritakan tentang kisah cinta yang pelik antara letnan militer dengan anak buahnya.

Untuk masyarakat kita, jenis percintaan sejenis antara Letnan Eismayer (diperankan oleh Gerhard Liebmann) dengan anak buahnya Falak (diperankan oleh Luka Dimic) ini terlihat tidak biasa. 

Namun berbeda dengan masyarakat Eropa, yang bahkan di beberapa negara melegalkan pasangan sejenis. Namun bukan berarti setiap pasangan sejenis akan berani terbuka tentang jati diri hubungan percintaan mereka.

Begitu juga dengan yang dialami oleh Eismayer, di satu sisi dia merasa tertekan dengan keadaan dirinya saat berada di antara anak dan istrinya. Tapi di sisi lain dia juga ingin orang mengetahui tanpa harus berpura-pura. 

Eismayer harus menutupi keadaan dirinya yang tidak mencintai istrinya. Namun setelah bertemu Falak yang secara terbuka mengatakan tentang dirinya yang seorang homo dan bahkan menyukai dirinya, di sinilah Eismayer mulai berpikir bahwa tidak seharusnya dia menutupi jati dirinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun