Mohon tunggu...
Hilyah
Hilyah Mohon Tunggu... Tutor - Penulis

Pecinta Bahasa, Tulisan tulisan disini saya fokuskan untuk belajar bahasa arab, Follow IG Saya @Hilyah_Nur dan Youtube Hilyah, web saya Hilyah.id

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teks Khutbah Jumat Singkat, Bakti Kepada Orang tua

4 September 2020   03:46 Diperbarui: 30 April 2021   15:32 7673 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Contoh Teks Khutbah Jumat Singkat (aaron burden/unsplash)

Ini adalah Teks Khutbah Jumat Singkat, Bakti Kepada Orang tua

BERBAKTI KEPADA ORANG TUA                                                            

Marilah kita meningkatkan ketaqwaan kita kehadirat Allah SWT dengan menjalankan semua perintahnya dan menjauhi segala laranganya dengan ikhlas dan mengharap rido'nya dan diantara perintah Allah swt kepada hambanya ialah berbuat baik kepada kedua orang tua .saking besarnya hak kedua orang tua kepada kita sampai-sampai Allah swt membarengkan perintah untuk menyembah kepadanya dengan perintah berbuat baik kepada kedua orang tua.

dan sembahlah Allah swt dan jaganlah kamu mempersekutukannya dengan sesuatu apapun dan berbuat baiklah kepada ibu bapakmu (Annisa' ;36 )

Dan pada ayat yang lain allah swt juga ,mengajarkan kepada hamba-hambanya untuk beradab kepada orang tuanya .

dan tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu tidak menyembah  selain kepadanya dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai lanjut usia dalam pemeliharanmu maka janganlah kamu sekali-kali berkata " AH " kepada keduanya dan janganlah kamu membentak mereka , dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap ,mereka berdua dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah wahai tuhankanku kasihinilah keduanya sebagai mana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil (al isro' :23-24).

Ketahuilah bahwasanya ridho' Allah swt itu tergantung kepada keridoan  . dan bengitu pula kemarahan dan kemurkaannya tergantung pada kemurkaan keduanya .dan lebih daripada itu bahwa sanya Allah swt berfirman didalam hadits qudsi yang artinya : "barang siapa yang membuat  ridho kedua orang tuanya kemudian membuat aku murka ketahuilah bahwa sanya aku ridho rela kepadanya dan barang siapa yang membuat aku ridho lantas dia membuat keduanya murka maka ketahuilah bahwa sanya aku marah dan murka kepadanya. "

maka merugilah orang yang mendapatkan orang tuanya ketika sudah lanjut usia akan tetapi tidak bisa memasukkan dia kedalam surga Allah swt, padahal Allah telah membukakan kesempatan selebar-lebarnya untuk memasuki surganya akan tetapi kesempatan itu lewat, hilang begitu saja tidak dimampaatkan sebaik-baiknya.   

Pada suatu hari bertanya seorang laki laki kepada Rasulullah SAW ;ya Rasulullah apa hak kedua orang tua kepada anaknya, maka Rasulullah bersabda ;mereka adalah surga dan nerakamu,

Maka barang siapa yang taat dan berbakti, menyenangkan hati kedua orang tuanya maka surgalah balasanya dan barang siapa yang durhaka,menentang dan menyakiti hati keduanya maka nerakalah balasannya.

Rasulullah SAW bersabda ; barang siapa yang ingin, senang untuk dipanjangkan umurnya [,diberi keberkahan  di dalam umurmya] dan ditambahkan rizkinya maka hendaklah berbakti kepada kedua orang tuanya dan menyambung tali silaturahminya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan