Mohon tunggu...
Hilyah
Hilyah Mohon Tunggu... Tutor - Penulis

Pecinta Bahasa, Tulisan tulisan disini saya fokuskan untuk belajar bahasa arab, Follow IG Saya @Hilyah_Nur dan Youtube Hilyah, web saya Hilyah.id

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teks Khutbah Jumat dan Cara Membuatnya

1 September 2020   04:54 Diperbarui: 1 September 2020   04:43 1036
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Teks Khutbah Jumat Singkat, Khutbah Jumat Terbaru, Khutbah Jumat PDF

Teks khutbah Jumat dan cara membuatnya, dari konsep hingga versi Ebook atau PDF

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat teks Jumat yang baik dan ideal dan bagaimana cara menyampaikannya hingga sampai kepada telinga dan hati audience, mengapa saya menyebutkan telinga, karena terkadang pikiran kita ngawang atau bahkan tidur hehehe

pertama-tama perkenalkan dulu saya nurhanifansyah dan memang hobi saya adalah membuat teks khutbah Jumat, Alhamdulillah Hobi ini berjalan sekitar 3 bulan kurang lebih dan insya Allah semoga konsisten 

sejak dulu saya tertarik untuk mengumpulkan naskah naskah khutbah Jumat dari senior saya yang berada di pesantren Dalwa darullughah wadda'wah, salah satu angkatan alumni Dalwa tahun 2008 (kalau ga salah), mengeluarkan buku khutbah Jumat berjudul oase di gurun sahara yang isinya adalah teks khutbah Jumat

Dari judul tersebut menunjukkan bahwa  kumpulan kumpulan teks khutbah Jumat ini akan memenuhi kebutuhan dahaga para dai ustadz dan dan mereka yang membutuhkan teks khutbah di saat waktu mendesak terutama,

Karena sejatinya membuat teks khutbah itu tidak semata merangkai, kata namun ada tanggung jawab yang diemban,

yaitu keabsahan dalam menyampaikan ayat dan hadis dan keabsahan dalam menafsiri ayat dan memaknai hadis.

Juga emban berupa tanggung jawab terhadap apa yang ia sampaikan di depan masyarakat.

 to the point

Saya tidak membahas syarat-syarat khutbah yang semestinya harus dipelajari sebelum melaksanakan ibadah khutbah jumat, i adapun syarat-syarat khutbah diantaranya yang terkadang orang itu sering seringkali tidak ngeh kalau itu adalah syarat yang wajib ialah membaca shalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam (yuk kita membaca shalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam)

saya langsung  pembahasasan bagaimana mengkonsep materi teks khutbah jumat dan bagaimana cara membuat teks khutbah jumat yang ideal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun