Mohon tunggu...
Hilwa HafizhaTajalla
Hilwa HafizhaTajalla Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi UIN Yogyakarta 20107030129

"Indonesia tak tersusun dari batas peta, tapi gerak dan peran besar kaum muda." -Najwa Shihab

Selanjutnya

Tutup

Musik

Dear Pecinta Musik, Seberapa Besar Pengaruh Musik Terhadap Dirimu?

24 April 2021   00:37 Diperbarui: 24 April 2021   01:09 39 2 1 Mohon Tunggu...

Halo semuanya! Lagi pada ngapain, nih? Adakah yang sedang mendengarkan musik?

Saya yakin pasti kalian sering mendengarkan musik. Entah setiap hari atau tidak, namun pastinya dalam kurun waktu satu minggu pasti kalian mendengarkan lagu, baik dari aplikasi, televisi, radio, dan sebagainya.

Lalu, seberapa sering kalian mendengarkan lagu? Kalau saya pribadi, saya setiap hari mendengarkan lagu, karena jujur mood saya menjadi lebih bagus setelah mendengarkan lagu. Dan lagu juga mampu untuk mendukung suasana hati. Misalkan saya sedang senang karena tugas-tugas kuliah saya sudah selesai, saya akan mendengarkan lagu-lagu dengan irama asyik seperti lagu-lagu dari DJ Armin Van Buuren.

Dan ketika saya sedang sedih dan galau, saya akan mendengarkan lagu-lagu yang memiliki lirik yang dalam sehingga saya larut dengan perasaan saya, seperti beberapa lagu-lagu milik Lewis Capaldi.

Tak heran jika dikatakan bahwa musik merupakan bahasa universal, karena musik dengan bahasa apapun jika nadanya cocok dengan telinga kita, pasti kita menyukainya. Bagi kalian yang menyukai lagu korea, bisa jadi kalian tidak mengetahui secara menyeluruh arti dari setiap liriknya, namun karena nada lagunya diterima oleh telinga, maka kalian langsung menyukai lagu tersebut. Saya juga mendengarkan beberapa lagu Latin dan Jepang karena nadanya yang menurut saya asyik.

Sejujurnya, sekarang ketika sedang menulis artikel ini saya juga sedang mendengarkan musik dari laptop saya untuk membuat kamar saya semakin 'hidup' dan tidak sepi. Tenang, saya mendengarkan musik dengan volume yang wajar kok, sehingga tidak menganggu adik saya yang sedang belajar dan juga para tetangga, hehehe.

Lalu ketika saya sedang mendengarkan musik, saya seakan-akan dapat menghayati musik tersebut, apalagi kalau saya memahami isi dan maksud dari lirik lagu yang sedang didengarkan. Misalkan saya sedang mendengarkan lagu Intentions dari Justin Bieber, saya merasa percaya diri karena liriknya yang membuat pendengar yakin bahwa kita semua ini cantik dan tampan.

Oh iya, selain sebagai hiburan, mendengarkan musik juga memiliki manfaat lainnya. Kalian sudah tahu belum kalau menurut penelitian, mendengarkan musik itu memiliki banyak manfaatnya lho!

Dilansir dari liputan6.com, manfaat mendengarkan musik yang pertama adalah menghilangkan stress dan meningkatkan mood. Wah, persis seperti yang saya tuliskan di awal tadi, ya! Selain itu, kondisi psikologis kita akan menjadi lebih baik jika kita mendengarkan musik favorit kita setiap sore atau bahkan ketika pagi hari untuk meningkatkan suasana hati. Faktanya, suasana hati pada pagi hari mempengaruhi suasana hati sepanjang hari, jadi ketika pada pagi hari kita merasa senang, dapat dipastikan bahwa dalam hari tersebut kita akan selalu senang.

Manfaat yang kedua adalah mempengaruhi gelombang otak. Menurut sebuah penelitian medis, musik menghasilkan getaran suara yang dapat merangsang gelombang otak kita. Kecepatannya ini dapat mempengaruhi kewaspadaan kita, bahkan dapat membuat otak kita menjadi lebih 'tajam'. menurut penelitian dari University of Kansas Medical Center menemukan bahwa orang yang terkait atau terlibat dengan musik, seperti orang yang belajar musik dan terbiasa mendengarkan musik memiliki otang yang lebih awet muda daripada orang yang tidak menyukai musik.

Lalu manfaat yang ketiga adalah meredakan sakit serta melindungi pendengaran. Penelitian dari University of Utah Pain Research Center mengungkapkan bahwa mendengarkan musik dapat membantu kita untuk menurunkan atau mengurangi rasa sakit dan nyeri. Hal ini disebut dengan pengalihan, musik dikatakan bisa membuat kita melupakan rasa sakit fisik yang dialami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x