Mohon tunggu...
KKN DESA PAOKMOTONG
KKN DESA PAOKMOTONG Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Mataram

Mahasiswa KKN PMD Universitas Mataram Periode 2024-2025

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Strategi Framing dan Branding Desa Paokmotong Sebagai Pusat Perdagangan Melalui Media Sosial Oleh Mahasiswa KKN PMD Universitas Mataram

15 Februari 2025   12:24 Diperbarui: 15 Februari 2025   12:24 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Foto bersama Kepala Desa Paokmotong (Sumber: Tim Dokumentasi KKN, 2025)

Paokmotong, 15 Februari 2025 -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) PMD Universitas Mataram telah sukses melaksanakan program kerja yang bertujuan untuk memperkenalkan Desa Paokmotong sebagai sentra perdagangan melalui platform media sosial seperti Instagram, YouTube dan Tiktok. Program ini diwujudkan melalui serangkaian unggahan konten menarik yang memperkenalkan potensi Pasar Paokmotong serta UMKM yang ada di Paokmotong.
Program yang bertajuk "Framing dan Branding Desa Paokmotong" ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas desa sebagai pusat perdagangan, sekaligus memberikan dukungan kepada UMKM lokal. Dalam pelaksanaannya, tim KKN mengunggah berbagai konten menarik yang memperkenalkan potensi pasar Paokmotong serta UMKM yang beroperasi di dalamnya. Video yang dibuat menampilkan suasana pasar yang ramai, produk unggulan yang dijual, serta video testimoni dari pelaku UMKM yang telah sukses mengembangkan usahanya di desa ini.
Program "Framing dan Branding Desa Paokmotong" ini mendapatkan respon positif dari masyarakat dan pemerintah desa. Kepala Desa Paokmotong, Suherman S.P menyampaikan apresiasi atas inisiatif mahasiswa KKN dalam mengangkat citra desa.
"Walaupun penerapan digitalisasi masih menjadi tantangan di desa, kegiatan KKN ini membuka peluang baru bagi Desa Paokmotong untuk berkembang lebih baik ke depannya, menciptakan branding yang positif dan mengikuti tren digital yang terus berkembang" -- Kata Suherman S.P
Keberhasilan program ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan potensi lokal. Ke depannya, diharapkan program branding ini dapat terus berlanjut dengan dukungan dari masyarakat dan pemerintah desa sehingga Desa Paokmotong semakin dikenal sebagai pusat perdagangan yang berkembang pesat. Dengan adanya program ini, mahasiswa KKN berharap dapat meninggalkan dampak positif yang berkelanjutan bagi perekonomian desa serta mendorong lebih banyak UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan usahanya.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun