Mohon tunggu...
Hilman Idrus
Hilman Idrus Mohon Tunggu... Administrasi - Fotografer

√ Penikmat Kopi √ Suka Travelling √ 📷

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Timnas Spanyol Dulu Favorit Juara, Kini Tidak Masuk Daftar Unggulan Juara Euro 2021

24 Juni 2021   23:05 Diperbarui: 24 Juni 2021   23:36 362 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Timnas Spanyol Dulu Favorit Juara, Kini Tidak Masuk Daftar Unggulan Juara Euro 2021
Timnas Spanyol (Ap Fhoto/Alberto Saiz) via m.bola.com

Kekuatan Timnas Spanyol menjadi kuat karena ditopang kekuatan Catalan (Xavi Hernandez, Iniesta, Gerard Pique, Jordi Alba, Pedro) dan sejumlah bintang Barcelona lainnya. 

Tapi, sejak nama-nama tersebut melewati usia emasnya, sangat berdampak pada kekuatan La Furia Roja (Timnas Spanyol) di berbagai ajang seperti piala Dunia maupun Piala Eropa

Spanyol sangat butuh pemain yang bermental dan berpengalaman seperti Xavi Hernandez, Iniesta dll untuk mengulangi kesuksesan seperti 2010 saat menjuarai Piala Dunia. 

Cerita kekuatan timnas Spanyol mungkin sama seperti cerita kejayaan Islam ketika berjaya selama 700 tahun di Spanyol, artinya Spanyol boleh berbangga karena menjuarai Piala Dunia Pertama kalinya. 

Namun seusai turnamen empat tahunan FIFA tersebut, kekuatan Spanyol mulai "lemah" seiring satu persatu pemain Spanyol di Barcelona dan Real Madrid mulai menua dan gantung sepatu. 

Timnas Spanyol berjaya dikala Xavi Hernandez, Iniesta, Fabregas dan sejumlah pemain Barcelona berada pada puncak karir dan  Barcelona menjadi kekuatan Eropa serta mengirim sang bintangnya Lionel Messi menyabet 6 gelar Ballon d'Or. 

Karena sejumlah pemain Barcelona dan Real Madrid berada pada usia emas. Sehingga, Spanyol mencatatkan sejarah dalam buku FIFA sebagai satu-satunya negara yang menjuarai tiga turnamen internasional berturut-turut yakni juara Euro 2008,  Piala Dunia 2010 dan Euro 2012.

Dan salah satu momen bersejarah Timnas Spanyol yang selalu dikenang suporter Spanyol adalah ketika mereka membantai Italia pada final Euro 2012 4 gol tanpa balas. 

Namun, Timnas Spanyol butuh waktu untuk kembali berjaya seperti 2008, 2010 maupun 2012, mereka harus butuh sosok seperti Xavi Hernandez, Iniesta, Xabi Alonso, dan Fabregas di sebagai pengatur lini tengah. 

Sementara, posisi lini belakang harus ada pemain berkarakter Puyol, Gerard pique, Ramos. Serta, yang mengisi pos lini depan Spanyol butuh pemain bertipikal Fernando Torres, David Villa, Fernando Llorente. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan