Mohon tunggu...
Dahlia UsRa
Dahlia UsRa Mohon Tunggu... Wiraswasta - Ibu Rumah Tangga

An ordinary woman in a big big world (currently living in Jakarta again :)).. that's why I always try to deal with life. Menyukai hal2 baru, termasuk menulis (sama sekali bukan keahlian saya).. yang merupakan salah satu hal positif untuk membunuh waktu.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Beware* Pelapak Penipu Gentayangan di Bukalapak

8 Desember 2016   16:11 Diperbarui: 9 Desember 2016   22:17 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya beberapa kali belanja di Bukalapak. Selama ini tidak pernah mengalami kendala dalam bertransaksi dan tidak pernah kecewa dengan hasil belanja saya, sampai suatu hari saya mengalami kejadian yang sangat tidak mengenakkan. Untuk itu saya ingin membagi cerita tentang pengalaman buruk saya ini, agar tidak ada lagi calon pembeli yang tertipu dengan Pelapak yang saya ceritakan di sini.

Pada tanggal 27 November 2016 saya melakukan transaksi pembelian Chopper Philips Hr2939 di BukaLapak dengan Pelapak CIPTA GROSIR, dan segera menyelesaikan pembayaran pada hari itu juga sebesar Rp 416.000,- (untuk harga 1 set Choppernya saja alias belum termasuk ongkos kirim). Pada tanggal 28 November 2016 saya mendapatkan laporan lewat email bahwa barang yang saya order telah dikirimkan. Namun pada tanggal 1 Desember 2016 saya mendapatkan email kembali yang menginformasikan bahwa ada penggantian nomor resi pengiriman sekaligus proses pengiriman barang kembali (saya tidak mengerti apa masalahnya?). 

Akhirnya pada tanggal 4 Desember 2016 barang saya terima, ternyata dengan kondisi hanya Choppernya saja (itupun seperti bekas dipakai, karena kondisi Chopper bagian dalam basah seperti habis dicuci), tidak berikut motornya, tidak sesuai seperti gambar yang diiklankan Pelapak dan harga barang yang saya bayar. Dengan begitu selain rugi uang, waktu, saya juga mengalami kerugian karena chopper tersebut sampai saat ini tidak dapat saya pakai karena tidak ada motornya. 

Saya mencoba untuk melaporkan hal ini ke Bukalapak untuk dengan solusi pengembalian sisa uang saya dipotong harga chopper. Komplain ini saya sampaikan lewat email ke Bukalapak (tidak direspon) dan membuka forum diskusi dengan pelapak. Tapi ternyata pihak Bukalapak malah memihak kepada Pelapak dengan closed diskusi dan meneruskan seluruh uang yang telah saya transfer kepada Pelapak. 

Saya sangat kecewa dengan ketidakprofesionalan admin Bukalapak yang malah memihak kepada Pelapak yang telah berbuat curang kepada customer. Harusnya pihak Bukalapak melakukan investigasi dulu dengan meneliti iklan Pelapak (yang bersangkutan menampilkan gambar yang dijual seharga Rp 416.000,- adalah 1 set Chopper Philips Hr2939 (Chopper + motornya)), dan juga menelusuri iklan sejenis yang menjual Chopper Philips dengan tipe yang sama (tanpa motor) yang tayang di sana harganya hanya berkisar antara Rp 178.000,- sampai dengan Rp 240.700,-  (Bukti gambar terlampir).

Tentunya sangat tidak masuk akal, saya membayar seharga Rp 416.000,- dengan hanya mendapatkan Choppernya saja. Dengan menuliskan pengalaman saya ini, saya menuntut tanggung jawah dari CIPTA GROSIR dan bantuan dari Bukalapak untuk menyelesaikan permasalahan ini.

barang-yang-diterima-584931b029b0bdbb048b456d.jpeg
barang-yang-diterima-584931b029b0bdbb048b456d.jpeg
d6e565f0-0b33-4837-a3ea-0b407b5ce00d
d6e565f0-0b33-4837-a3ea-0b407b5ce00d

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun