Mohon tunggu...
Hikmal Ganz
Hikmal Ganz Mohon Tunggu... Tutor - Sma

Artikel cerpen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jalur Rempah pada Masa Pra-Aksara

1 Desember 2022   08:12 Diperbarui: 1 Desember 2022   08:28 910
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jalur rempah yaitu:penjualan rempah-rempah yang menghubungkan hampir keseluruh dunia yang hingga bisa sampai menempuh jarak 15.000Km yang meliputi negara yaitu:timur tengah,ujung barat,sumatra,india,sri Lanka,mesir,afrika timur,afrika selatan,Madagaskar daratan timur tengah,mediterania dan eropa.adapun rempah" yang pertama kali di jual ke luar negri adalah lada,merica,kayu manis,cengkih dan pala.

Jalur rempah adalah jalur yang paling tua pada zaman nenek moyang kita untuk mengirim/menjual ke luar negri. Adapun bukti bahwa nenek moyang kita pernah ke luar negri adalah penemuan benda benda logam yang berada pada negara vietnam dan logam itu berasal dari Ntt,maluku dan papua. 

Nenek moyang Indonesia itu berasal dari ras australo melanesoid yang datang ke nusantara pada tahun 25.000SM mereka adalah golongan pertama Ras bangsa melayu Austronesia atau yang bisa di sebut (bangsa proto melayu) yang pernah datang ke nusantara dari yunan/Tiongkok melalui 2 jalur barat dan timur pada abad 2Sm sudah terbentuknya sutra dari Tiongkok hingga melewati asia tengah lalu ke mediterania dan terus ke eropa dan adapun alat tukar di sana yaitu berupa sutra dan nusantara lebih di sukai oleh orang luar karena rempah nya yang lengkap menurut (A.g Frank(1998) jalur sutra yaitu jalur rempah. Adapun hasil dari kebudayaan pada masa pra-aksara adalah kapak genggam,kapak lonjong,nekara, kapak perimbas,beliung persegi, perunggu. 

Dan pada masa pra-aksara dulu manusia purba menggunakan senjata untuk memburu hewan dengan menajamkan batu dan di tali di tongkat,dan berkembang di temukanya pembuatan barang dengan tanah liat yang biasanya di sebut  dengan gerabah dan berkembang lagi di temukan nekara yang terbuat dari besi pada tahun 3000-2000SM dan nekara itu berfungsi sebagai alat musik.

Menurut teori out of taiwan bahwa nenek moyang indonesia itu berasal dari taiwan yang di tunjukan pada hasil analisis kebahasaan yang sama di gunakan oleh suku" indonesia dan ada budaya yang di bawah oleh nenek moyang kita dari taiwan di bawah ke indonesia yaitu seperti bercocok tanan.berteman dan membuat benda dari tanah liat yang biasanya di sebut gerabah. 

Pada masa pra aksara manusia pada zaman itu menggunakan gerakan untuk interaksi sesama manusia dan berkembang nya zaman dan mulailah ada bahasa yang mereka mengerti dan adapun lambang yang mereka buat untuk interaksi sosial  dan ada syarat" interaksi sosial yaitu

1.ada hubungan timbal balik

2.harus berpedona pada norma"

3.adanya reaksi dari pihak lain

4.harus mempunyai maksud dan tujuan

Bahwa manusia pada zaman dulu untuk mencari makanan mereka harus menemukan hewan /tumbuhan seperti babi,sapi,kerbau,anjing,ruba dan dll dan itu adalah termasuk kebutuhan primer memenuhi kebutuhan hidup dan adapun tindakan manusia muncul dari luapan emosi yang pada tempat tinggal nya dan luapan itu bisa bersifat positif dan negatif

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun