Mohon tunggu...
Badia Hikmah Safitri
Badia Hikmah Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa

U can do it !! Let's get it !!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Bagaimana Jika Kita Tak Mempunyai Otak?

7 Maret 2021   22:22 Diperbarui: 7 Maret 2021   23:04 66 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Jika Kita Tak Mempunyai Otak?
sehatq.com

"Belajar tanpa berfikir itu tidak berguna, tapi berfikir tanpa belajar itu sangat berbahaya"- Ir.Soekarno

Otak manusia sangat berperan penting dalam segala hal, entah itu berfikir, melakukan sesuatu, dan masih banyak yang lain. Sebenarnya apa sih makna terdalam  dari otak ini? Bagaimana jika kita tidak punya otak? bisa kah kita melakukan banyak hal? Lantas apa saja bagian - bagian otak?.

Otak adalah pusat sistem saraf pada vertebrata dan intervebrata lainnya. Otak merupakan suatu sistem pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas seratus sel saraf neuron. Otak juga di artikan sebagai pengendali semua gerakan, perasaan emosional, perasaan sensasi dan pikiran, memecahkan masalah, dan  pengendali fungsi semua tubuh. Otak dan sel saraf manusia sangat mempengaruhi tentang keyakinan seseorang tentang sesuatu yang di dapatkan dari berfikir tentang seseorang atau sesuatu hal pada manusia, biasanya di sebut dengan kognisi. 

Bagaimana jika kita tidak punya otak? Apakah kita bisa hidup jika tak mempunyai otak?

Jawabannya Tidak Bisa

Di perkirakan sekitar dua dari 10.000 kelahiran di inggris mengalami hydranencephlay. Apa itu hydranencephlay?. Heydranenceplay adalah sebuah kondisi di mana sebagian atau bahkan seluruh sisi simetris otak tergantikan oleh cairan otak.

Biasanya orang dalam kondisi ini tidak bisa bertahan hidup dalam waktu yang lama. Walaupun di prediksikan memiliki waktu bertahan hidup yang singkat, ada sebagaian orang yang bisa bertahan hidup cukup lama. Di lansir dari sebuah studi Pridiatic Brain Foundation mencatat bahwa ada seseorang yang mengalami heydranenceplay dapat bertahan hidup selama 33 tahun. Kasus langka lainnya juga terdapat di tiongkok, ada seseorang perempuan yang bertahan hidup selama 24 tahun tanpa memiliki otak kecil.

Ada beberapa bagian - bagian otak, di antara nya adalah otak besar, otak kecil dan batang otak.

Mari kita bahas Otak besar. Otak besar atau bisa di sebut dengan cerebrum. Cerebrum terbagi menjadi dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri. Otak kanan  berfungsi sebagai penggerakan tubuh bagian kiri tubuh, sedangkan otak kiri berfungsi sebagai pergerkan tubuh bagian kanan. Permukaan cerebrum di sebut cerebal cortex. Bagian ini berfungsi sebagai area yang membuat koneksi dengan sel saraf yang di sebut sebagai sinaps.

Otak besar memepunyai 4 bagian yaitu :

  • Lobus Frontal yaitu berperan sebagai mengendalikan pergerakan, perilkau, memori, emosi dan intelektual seperti berfikir, menalar, memecahkan masalah, dan pengambilan keputusan.
  • Lobus Parietal mengendalikan sensasi seperti sentuhan, nyeri rasa sakit, tekanan pada tubuh.
  • Lobus Temporal berperan sebagai indra pendengaran, ingatan dan memrori.
  • Lobus Oksipitas sebagi indra penglihatan pada tubuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN