Mohon tunggu...
Badia Hikmah Safitri
Badia Hikmah Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa

Penyuka warna merah karena merah berarti keberanian:). Berani mengungkapkan rasa dalam tulisan :).

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Intelegensi

25 November 2020   23:28 Diperbarui: 25 November 2020   23:49 34 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Intelegensi
pengembangankarir.id

Intelegensi. Lagi-lagi intelegensi, apa sebenarnya intelegensi itu? Intelegensi adalah daya reaksi atau penyesuaian yang cepat dan tepat, baik secara fisik maupun mental, terhadap pengalaman baru, membuat pengalaman dan pengetahuan yang di telah miliki siap untuk  di pakai. Apabila di hadapkan pada fakta atau kondisi baru dalam kecerdasan. 

Lantas apa yang di maksud dengan teori intelegensi umum?

Teori intelegensi umum adalah Berupa kemampuan umum yang di miliki semenjak lahir. Intelegensi umum ini bersifat tetap dan tidak berubah, terus-menerus. Teori ini di gunakan untuk kegiatan individu, tapi setiap individu mempunyai takaran intelegensi umum dengan berbeda - beda. 

Bagaimana dengan pengukuran intelegensi?

Untuk mengukur suatu intelegensi dapat di lakukan dengan suatu evaluasi dengan menentukan nilai materi serta metode guna mencapai suatu tujuan tertentu. Penilaian di lakukan berdasarkan mutu dan berdasarkan jumlah atau banyaknya manfaat yang di gunakan untuk mengetahui sejauh mana ia mengetahui dan memahami suatu metode dan materi yang di kuasainya.

Melakukan penilaian harus berdasarkan bukti internal dari seseorang, seperti evaluasi dari logika seseorang. Pada penilaian eksternal dapat di lakukan dengan mengevaluasi kriteria materi yang di ingat oleh seseorang.

Apa saja faktor yang mempengaruhi intelegensi? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, berikut faktor kognitif yang dapat mempengaruhi intelgesi:

1. Mengingat, proses mengingat memori atau materi dengan jangka panjang, dengan mengambil dari pengetahuan seseorang.

2. Memahami, proses kognitif memahami dengan menafsirkan apa yang di pahami terhadap memori atau materi yang telah ia pelajari, dengan memberi contoh, menyimpulkan, serta membandingkan dengan apa yang sudah ia pelajari di antara keduanya.

3. Menerapkan, mengaplikasikan apa yang telah ia pelajari, dengan menggunakan prosedur yang telah ia pahami, menyelsaikan maslah dengan baik dan benar.

4. Menganalisis. Menguaraikan atas apa yang telah ia pelajari dengan cara penelahan bagian itu sendiri serta hubungan antara bagian untuk memeperoleh pengertian yang tepat atas apa yang ia analisis untuk memperoleh suatu pemahaman arti dari keseluruhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN