Mohon tunggu...
Badia Hikmah Safitri
Badia Hikmah Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa

Penyuka warna merah karena merah berarti keberanian:). Berani mengungkapkan rasa dalam tulisan :).

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Apa Itu Teori Behavioristik dan Kognitif?

26 Oktober 2020   22:16 Diperbarui: 26 Oktober 2020   22:51 23 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Itu Teori Behavioristik dan Kognitif?
emotionhumangirl-confused-clipart-hd-png-download-kindpng-confused-clipart-860-830-5f96f064d541df0368787503.png

Pada saat kita dalam kegiatan belajar - mengajar pasti banyak sekali teori - teori pembelajaran. Teori belajar sangat di perlukan karena tanpa adanya teori belajar, kita akan kesusahan dalam kegiatan belajar - mengajar. Maka dari itu apa si teori belajar itu? bagaimana pandangan teori belajar menurut para ahli? Adanya teori belajar behavioristik, apa yang di maksud dengan teori belajar behavioristik? begitu juga dengan teori kognitif, apa teori belajar kognitif itu?

Teori belajar menurut Hamzah dalam bukunya (2003:26) menyatakan bahwa teori belajar itu merupakan seperangkat komponen yang di dalamnya berisi tentang ide, konsep, prosedur, dan prinsip dari satu atau kumpulan komponen yang saling berhubungan agar bisa di pelajari dan di analisis dan di uji suatu kebenarannya. Teori belajar ini juga bisa di sebut dengan suatu tata cara untuk melakukan kegiatan belajar mengajar yang berlaku bagi siswa dan guru yang di lakukan di dalam kelas atau pun di luar kelas.

Sedangkan teori belajar menurut para ahli adalah

Adapun menurut Djarmah (2002:13)

Teori belajar itu melibatkan dua unsur yaitu dengan adanya keserasian antara jiwa dan raga ketika melakukannya, tubuh harus sejalan dengan proses jiwa gara kita bisa mengerti dan merasa adanya perubahan dari apa yang kita pelajari.

Menurut Bower (187:150)

Teori belajar yaitu adanya perubahan yang relatif dari apa yang kita pelajari dari apa yang kita alami dan juga latihan yang selalu kita lakukan di masa lalu. Di sini bower juga menjelaskan bahwa proses belajar itu sangat penting dari pada hasil belajar itu sendiri.

Menurut Moh Surya (1981:32)

Teori belajar yang di lakukan oleh masing - masing individu agar memperoleh perubahan dengan secara keseluruhan oleh hal - hal baru yang telah ia alami dan yang ia pelajari. Selain itu ia juga akan mendapatkan pengalaman dari yang ia pelajari oleh lingkungan seitar.

Pada kesimpulannya teori belajar yaitu merupakan tidakan yang ia lakukan baik bagi siswa atau guru untuk melakukan perubahan pada hal - hal baru yang belum ia ketahui untuk ia pelajari agar ia mengerti dan paham dengan adanya metode - metode yang mudah, sehingga belajar membuat sesuatu menjadi lebih baik.

Sedangkan apa teori belajar behavioristik itu?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x