Mohon tunggu...
Hidayatul Luthfiya Azizah
Hidayatul Luthfiya Azizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

If we never try, we will never know.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sinergi Eduwisata dalam STKIP PGRI Ponorogo x HoL English Holiday Camp

7 Februari 2022   22:26 Diperbarui: 7 Februari 2022   23:06 270 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Musim liburan adalah waktu yang dinantikan untuk mencari tempat dan pengalaman terbaik. Salah satu tempat rekomendasi tujuan pelajar dan mahasiswa untuk mengisi waktu liburan adalah Kampung Inggris di Pare, Kediri, Jawa Timur. Kampung Inggris merupakan suatu wilayah Tulungrejo Pare Kota Kediri yang terkenal dengan ratusan lembaga kursus Bahasa Inggrisnya, menawarkan pengalaman berbahasa Inggris dan wisata bagi para pelajar dan mahasiswa. 

Pentingnya penguasaan bahasa asing adalah salah satu softskill yang dibutuhkan oleh mahasiswa di abad 21 ini. Diawali dengan adanya kerjasama antara Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Ponorogo dengan salah satu lembaga kursus di Kampung Inggris, HoL (House of Language), maka Pelopor Kampus Literasi memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang ingin memperdalam kemampuan berbahasa Inggris selama satu minggu, 3-10 Februari 2022 pada hari Senin - Jum'at. Pada kegiatan ini mereka melakukan 5 kali pertemuan dimulai dari pukul 05.30 WIB - 21.30 WIB. Dengan pendampingan tutor yang ahli dalam bidangnya, maka kegiatan pembelajaran yang ada terasa lebih asyik dan tidak monoton sehingga dalam waktu singkat mereka dengan mudah menguasai materi yang disampaikan. English Holiday Camp ini memfokuskan pada praktek berbicara Bahasa Inggris sesuai konteksnya. Setiap harinya terdapat berbagai macam pokok pembahasan diantaranya daily expression, grammar, vocabulary, speaking dan kelas yang terakhir adalah Night Class. Night class adalah sesi kegiatan berbahasa Inggris dengan aktivitas yang menyenangkan seperti games. 

Pada hari Sabtu – Minggu, para mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini diberikan waktu luang untuk menikmati suasana Kampung Inggris. Karena Kampung Inggris cukup luas, banyak penduduk setempat yang menyewakan sepeda untuk para mahasiswa yang akan pergi ke Pasar Tugu. Pasar Tugu merupakan pasar yang hanya dilaksanakan pada hari Sabtu sore hingga malam dan merupakan pusat bertemunya peserta kursus dari berbagai lembaga kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris yang mayoritas penduduk luar kota. Sepanjang lebih dari 1 km di Jalan Glagah, Pare berjajar pedagang kaki lima yang siap dengan barang dagangannya. Barang yang dijualpun bermacam-macam dan tentunya ramah di kantong. Apalagi dalam hal makanan di Kampung Inggris terkenal dengan harga murah porsi melimpah. Jadi dipastikan para pengunjung tidak khawatir jika berlibur dengan budget yang sedikit. Dengan adanya kegiatan pasar ini membuat mereka mudah berbaur dengan masyarakat setempat dan pendatang dari luar daerah. Tentunya, semua kegiatan yang di lakukan tersebut akan sangat dirindukan oleh setiap pengunjung dan kemungkinan besar ingin kembali ke Kampung Inggris, Pare, Jawa Timur.  

Pengalaman wisata dan edukasi ini amat berkesan bagi para mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Ponorogo. Devi Nur Alif Fitrianingtyas, salah satu mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti STKIP PGRI Ponorogo x HoL English Holiday Camp, menyatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya untuk refreshing semata, namun juga bisa menambah wawasan dan pengalaman baru untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris mahasiswa. Hal senada juga diungkapkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Ponorogo, Ratri Harida, M.Pd. yang berharap bahwa kegiatan English Holiday Camp ini akan meningkatkan efikasi diri para mahasiswa untuk lebih percaya diri dalam meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris. Beliau juga berharap pada musim liburan semester berikutnya, mahasiswa dari program studi lain di STKIP PGRI Ponorogo akan ikut serta untuk mengikuti kegiatan yang menjadi agenda liburan semester di STKIP PGRI Ponorogo.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan