Mohon tunggu...
Dian Handayani
Dian Handayani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

halo saya Dian, saya akan membagi tips & tricks menarik kepada kalian. follow untuk mendapatkan nontifikasi uplod terbaru ya!

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Mental Health X Fine Art

13 Juni 2024   06:45 Diperbarui: 13 Juni 2024   07:33 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seberapa sering kalian mendengar istilah tentang mental health? Pasti sudah tidak asing dengan istilah tersebut  bukan?. Semakin berkembangnya zaman semakin banyak tuntutan dan tekanan yang harus dihadapi oleh setiap orang, contohnya pada mahasiswa dituntut untuk lulus dengan predikat cumlaude dan tekanan orang tua karena pembayaran UKT yang meningkat. Tuntutan dan tekanan yang kita hadapi dapat membuat stress menjadi meningkat. Pengelolaan stress harus diperhatikan, tidak hanya menjaga kesehatan fisik tetapi harus juga memperhatikan kesehatan mental. Kesehatan mental adalah suatu kondisi psikologis yang baik, dimana seseorang dapat mengelola emosi dengan baik dan berfungsi dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, mental yang stabil dan terjaga membuat setiap orang lebih bahagia dan memiliki semangat yang tinggi. 

Kesehatan mental penting bagi perkembangan diri personal, masyarakat, maupun sosioekonomi (WHO, 2022). Seseorang yang memiliki mental yang sehat akan merasa sejahtera dimana ia menyadari kemampuannya, dan dapat mengurangi tekanan yang didapat. Sementara itu, kondisi mental yang terganggu dapat berdampak buruk terhadap emosi, suasana hati, dan kemampuan seseorang dalam berpikir. Maka dari itu, setiap individu diimbau untuk mulai peduli dengan kesehatan mental dan belajar mengenai gejala dan tanda gangguan mental sejak dini, tanpa merasa malu karena kesehatan mental bukan hal yang tabu atau aib. Jadi, kita tidak perlu takut jika terdapat gejala dan tanda gangguan mental untuk memeriksakan kepada ahlinya.

Banyak cara untuk meningkatkan kesehatan mental seperti istirahat yang cukup, rutin berolahraga, mencari dan mencoba hal baru, melakukan aktivitas artistik dan masih banyak lagi. Ada salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan mental nih! Contohnya dengan melakukan aktivitas artistik. Aktivitas artistik merupakan salah satu cara untuk dapat meningkatkan kesehatan mental. Hal ini karena aktivitas artistik dapat meningkatkan mood dan menimbulkan emosi positif (Stuckey & Nobel, 2010). Salah satu contoh aktivitas artistik adalah fine art, apa itu fine art? Fine art adalah seni murni dimana lebih mementingkan nilai keindahan, contohnya menggambar dan melukis.

mungkin sebagian dari kita sulit untuk mengekspresikan emosinya melalui ucapan, dengan itu bisa diekspresikan melalui fine art. Dengan menciptakan karya seni dapat memberikan kesempatan untuk menyalurkan emosi dengan cara yang bebas tanpa batasan atau penilaian. Fine art akan membuat seseorang menjadi tenang dan rileks, ini alasan mengapa perasaan menjadi lebih baik setalah melakukan fine art.

Melalui fine art berkreasi dengan penggunaan warna, space, dan dengan komposisi lain untuk mengekspresikan apa yang dirasakan dan memvisualisasikan kondisi saat ini maupun yang diharapkan dan memberikan insight untuk menggambarkan kondisi yang dialami. Setalah melakukan fine art, seseorang dapat mengurangi beban emosional yang bisa terkait dengan stres, mengembangkan pemahaman baru tentang diri mereka sendiri, dan membangun ketahanan mental yang diperlukan untuk pemulihan.  

Nah, segitu dulu pembahasan tentang kesehatan mental dengan fine art dari penjelasan tersebut sudah lebih tau ya bagaimana cara meningkatkan kesehatan mental salah satunya dengan fine art. Kalian dapat mencoba fine art ini ya dengan berekspresi dan kreasi sesuka kalian! Selamat mencoba. 

Internet :

Savitry, weny. 2023. Manfaat Seni Untuk Kesehatan Mental  (Online).

 https://buletin.k-pin.org/index.php/arsip-artikel/1355-manfaat-seni-untuk-kesehatan-mental,

diakses pada 6 juni 2024 pukul 07.00 WIB.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun