Mohon tunggu...
Hany Ferdinando
Hany Ferdinando Mohon Tunggu... Penikmat buku dan musik yang suka tentang teknologi, psikologi, pendidikan, flora dan fauna, kebudayaan, dan hubungan antar manusia.

Belajar menulis dengan membaca, belajar kritis dengan menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Kisah Hidup di "Freezer Raksasa" Tanpa Termostat

6 Januari 2020   16:03 Diperbarui: 7 Januari 2020   20:53 837 7 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kisah Hidup di "Freezer Raksasa" Tanpa Termostat
Doc. pribadi via Facebook

Saya mendapatkan notifikasi foto yang saya masukkan di Facebook 4 tahun lalu. Ketika itu, situasi Kota Oulu, Finlandia, sedang diliputi salju dan mesin-mesin besar sudah dioperasikan sejak jam 6 pagi. Sebagai tambahan, suhu saat itu tercatat -25 C.

Saya tidak salah ketik dan Anda tidak salah membaca. Matahari terbit jam 10.17 dan terbenam ham 14.29. Jadi kami cuma punya waktu terang kira-kira 4 jam. Itu pun belum tentu bisa melihat matahari karena biasanya langit Oulu sering mendung.

Ketika saya bandingkan dengan situasi hari ini (4 tahun kemudian), maka situasinya benar-benar berbeda. Suhu hari ini tercatat di kisaran 0 C. Betapa besar bedanya!

Setelah 6 tahun tinggal di Oulu yang terletak di 65 Lintang Utara (lingkaran kutub Utara di 66,5 LU dan berjarak sekitar 200 km dari Oulu), saya masih bisa bertahan di suhu hingga -5 tanpa sarung tangan dan jaket yang tebal.

Ya... tentu saja tidak terlalu lama. Namun, ketika suhu sudah berada di bawah -5, sarung tangan dan jaket tebal, bahkan dobel dengan sweater adalah sebuah keharusan.

Tangkapan layar dari ilmatietenlaitos.fi
Tangkapan layar dari ilmatietenlaitos.fi
Adaptasi dengan suhu ekstrem

Orang Finlandia tidak pernah menyalahkan cuaca. Ada pepatah yang mengatakan, tidak masalah berapa pun suhunya, yang penting bepakaianlah yang pantas.

Maksudnya, jika Anda keluar rumah dan masih kedinginan, itu berarti Anda harus kembali dan menambah lapisan baju untuk menahan dingin. Hal ini silakan diulang terus sampai Anda benar-benar merasa nyaman.

flickr.com
flickr.com
Mesin-mesin besar dioperasikan sejak pagi untuk membersihkan jalanan dari salju sehingga mobil bisa lewat dengan lebih nyaman. Traktor-traktor besar dengan bentuk yang aneh-aneh sibuk bekerja di berbagai tempat.

Tak jarang kita bisa menemui truk bak terbuka yang akan mengangkut salju ke tempat pembuangan akhir yang memiliki gorong-gorong ke laut.

Beberapa mobil dimodifikasi untuk menyebarkan kerikil di trotoar sehingga memberikan gesekan dan mencegah orang terpeleset. Di akhir musim dingin, akan ada mesin-mesin penyapu yang mengumpulkan kerikil ini untuk dipakai lagi di musim dingin berikutnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x