Mohon tunggu...
Hevianis Badiri
Hevianis Badiri Mohon Tunggu... Freelancer - Hi

Introvert

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Bedah Gigi Bungsu [Part I]

7 Agustus 2021   13:34 Diperbarui: 7 Agustus 2021   14:20 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Teman-teman uda pada tumbuh gigi bungsu belum? di umur berapa sih teman-teman tumbuh gigi bungsu? Aku, umur 28 awal mula gigi  bungsu tumbuh. Telat banget yaa.. haha

Yupp, jadi pertama gigi bungsunya mulai menunjukkan tanda-tanda akan tumbuh tu, di umur 28 tahun, tahun 2018. Setelah nungguin berbulan-bulan, ehh kok ga beres-beres sihh ni gigi tumbuhnya. Gusiku sakit teruss... Jadilah aku ambil keputusan konsul ke dokter gigi spesialis bedah mulut. Lalu dokter nyaranin untuk di rontgen panoramic aja, biar tau gimana kondisi gigi kita. dan setelah aku rontgen, ternyata gigiku ga muat gaesss, haha.. ruang untuk tumbuhnya kecil, sedangkan giginya gede, jadi ga ada tempat untuk doi tumbuh. Jadilah dokternya nyaranin untuk di bedah. Untuk orang yang belum pernah masuk rumah sakit dan opname, pastinya aku takut banget dengar kata operasi. Jadi aku bilang ke dokternya, nanti dulu aja dok..

Daann, karena giginya juga tiba-tiba ga sakit lagi, jadinya aku lupa tuh masalah gigi bungsuku. haha

Tiba-tiba di tahun 2021, akhirnya nih gigi ngulah lagi. Yang kali ini justru lebih parah, dari yang tahun 2018 kemaren, pipiku sampe bengkak gitu, sakiiit banget sampe gak bisa makan..

Akhirnya konsul lagi ke Drg. Disitu dokternya langsung bilang harus segera di bedah, gak bisa nanti-nanti lagi. Tapi karena biayanya lumayan mahal, jadi aku mutusin untuk pake BPJS. Ga terlalu ribet kok untuk pengurusan BPJSnya, cuma perlu minta rujukan dari puskesmas aja ke rumah sakit. Trus nyampe rumah sakitnya, kita di swab antigen, rontgen thorax, dan cek darah.

Berhubung proses bedah gigi bungsu ini harus bius umum, jadi pasien diwajibkan untuk nginap semalam sebelum operasi, dan semalam lagi pasca operasi. Jadi aku uda masuk RS dari malam sebelum operasi. 

Besoknya, tibalah aku dibawa ke ruang operasi. Dokter anastesinya nyuntikkin obat bius 3x suntikan (kalau ga salah inget). Aku masuk ruang operasi sekitar jam 11.50, pas aku sadar uda jam 14.15. Kata suamiku operasinya ga lama, 12.30 uda selesai. Cuma akunya yang sadarnya lama.

Untuk pengalaman pasca pembedahannya, tunggu di Part II yaa.. biar jangan kepanjangan, hehe..

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun