Mohon tunggu...
Hery Goh
Hery Goh Mohon Tunggu... -

Business Consultant

Selanjutnya

Tutup

Money

Perjuangan Seorang Pelayar untuk Mendapatkan Kebebasan Finansial

1 Desember 2018   22:54 Diperbarui: 1 Desember 2018   23:21 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Hari ini saya di ajak oleh salah satu teman yang bekerja di Korea. Teman saya bekerja di bidang pelayaran jadi kebanyakan dia tinggal di atas kapal dan mengarungi samudra selama berhari hari. 

Gaji yang di dapatkan juga bisa di simpan karena segala keperluannya termasuk penginapan dan makanan di tanggung oleh perusahaan pelayaran. Kali ini dia membawa kabar buruk karena ayah dia terkena penyakit berat dan dia membutuhkan uang untuk menyembuhkan penyakit ayahnya. Saya turut bersedih karena teman saya ini adalah teman baik saya dan tidak menyangka bahwa ayahnya terkena penyakit berat, dan berdoa semoga ayahnya bisa cepat sembuh.

Teman saya ini tertarik untuk memperoleh pendapatan pasif karena kerja di bidang pelayaran resikonya tinggi dan jarang ketemu dengan keluarga. Dia sudah mentargetkan akan kerja di darat tahun 2020 agar bisa lebih dekat dengan keluarga dan mengurangi resiko kerja. 

Selain itu dia ingin pendapatan tambahan untuk membiyai keluarganya kelak karena saat ini dia masih single, dan untuk membangun rumah tangga di perlukan modal yang banyak seperti membeli rumah tinggal, kendaraan dan resepsi pernikahan. 

Semua itu membutuhkan modal yang besar, untuk membeli rumah di daerah jakarta saja harus mengeluarkan kurang lebih 1M, belum lagi di tambah dengan biaya kendaraan, resepsi pernikahan dan lainnya. Dengan adanya beban tersebut dia semakin ingin mencari solusi untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Teman saya memiliki keahlian  di teknik mesin, jadi saya menyarankan agar dia menjual informasi bagaimana memperbaiki mesin kapal yang rusak tentu di barengin beberapa teknik marketing seperti upselling dan value delivered service. 

Di akhir pembicaraan kita dia telah menemukan sebuah solusi yakni memberikan konsultasi kepada perusahaan perusahaan yang perlu menggunakan jasa mereka dan teman saya membantu mereka untuk memperbaiki mesin kapal perusahaan tersebut. 

Dia merasa excited dan percaya bahwa ide yang saya berikan ini akan jalan. Dia akan segera planning dan mencoba bekerja sama dengan abang iparnya untuk menjalankan bisnis tersebut. 

Diakhir pembicaraan kita, dia mengucapkan terima kasih kepada saya dan saya juga berharap apa yang saya sharing ke dia bisa membantu dia untuk mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun