Mohon tunggu...
Hery Supriyanto
Hery Supriyanto Mohon Tunggu... Warga net

Liberté, égalité, fraternité ││Sapere aude ││ Iqro' bismirobbikalladzi kholaq ││www.herysupri.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Kopdaran Bolang Sambil Berdiskusi Inovasi Marketing bareng JNE

5 November 2018   23:03 Diperbarui: 6 November 2018   13:23 377 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kopdaran Bolang Sambil Berdiskusi Inovasi Marketing bareng JNE
Para pembicara. Berdiri Ikrom Zain, duduk (ka-ki) Niken Paramita, Sarifah Nazriah, Selamet Hariadi. Dok Pribadi NiketDok pribadi

Hari Sumpah Pemuda yang bertepatan tanggal 28 Oktober kali ini bagi Bolang (Blogger Kompasiana Malang) punya kenangan tersendiri. Semangat Sumpah Pemda diaplikasikan dalam bentuk lain. Dengan mengadakan kopdaran antaranggota yang disertai dengan kegiatan diskusi, yang boleh kita istilahkan dengan talkshow.

Acara ini berlangsung dengan semangat kebersamaan yang merupakan hasil kolaborasi dari berbagai pihak. Dukungan dari JNE sebagai sponsor, nara sumber, serta kenang-kenangan berupa goodybag bagi peserta. Demikian pula dukungan dari Hotel Atria yang menyediakan tempat untuk berlangsungnya acara beserta fasilitas dinner serta coffe break. Tidak ketinggalan pula dari Smartfren Community Malang yang berpartisipasi dalam beberapa hadiah untuk aneka kuis dan lomba penulisan (blog competition). Ada sekitar 50 peserta yang hadir yang terdiri dari anggota Bolang serta undangan dari beberapa komunitas di kota Malang.

Acara yang dikemas dengan nama "Bolang Talkshow: Inovasi Marketing Online bersama JNE" ini berlangsung mulai pukul 18.00 sampai 21.00, yang bertempat di Private Bar Hotel Atria Malang. Ada empat pembicara yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Yang pertama disampaikan oleh Sarifah Nazriah yang merupakan Public Relation JNE Malang.

Nasya -panggilan akrabnya- lebih banyak menerangkan fitur dan layanan yang ada di JNE. Mempermudah konsumen merupakan suatu yang penting. Maka dari itu JNE mengeluarkan program menarik bagi pelanggannya yaitu JNE Loyality Card yang disingkat JLC. Untuk menjadi anggota (member) cukup mudah caranya, yaitu bisa datang langsung ke kantor JNE. Dan di zaman yang serba online ini, bisa langsung mengakses di jlc.jne.co.id. Tinggal mengikuti cara pendaftaraanya, maka tak beberapa lama kita sudah bisa mendapatkan kartu JLC.

Pembicara kedua, disampaikan oleh Niken Paramita. Ia adalah pelaku bisnis online yang berdomisili di Malang, yang cukup sukses. Pada mulanya ia hanya iseng-iseng berjualan online yang menginginkan mendapat uang saku lebih. Dan berkat ketekunannya bisnis online nya --yang utama- yang menjual produk fashion perempuan berkembang dengan pesat.

Bisnis online tak akan lepas dari jasa ekspedisi. Niken merupakan konsumen loyal JNE, ia sangat puas atas layanannya. Dan tanpa disadarinya ia mendapat berkah, sebagai juara "Race to Moscow" yang merupakan program JNE kepada pelanggan setianya. Yang hadiah utamanya menonton final Piala Dunia Rusia 15 Juli lalu. Liputan penyerahan hadiah Niken Paramita selengkapnya bisa baca di sini.

Saat acara berlangsung. Dok Pribadi
Saat acara berlangsung. Dok Pribadi
Pembicara ketiga, yaitu Ikrom Zain yang merupakan salah satu Kompasiner andalan. Tulisan di Kompasiana  sudah terbilang banyak, dan kerap kali mendapatkan "ganjaran" Artikel  Utama oleh admin. Tidak itu saja, tulisan Ikrom kerap memenangkan lomba blog competition yang diadakan di Kompasiana.

Di  acara ini ia berbagi tips menulis konten kreatif di Kompasiana. Tidak  dipungkiri menulis itu ada kalanya sulit, tetapi di beberapa saat menjadi mudah. Sebelum menulis tentunya kita harus menemukan ide. Ia  juga berbagi tips bagaimana menemukan ide sebagai bahan tulisan. Caranya  cukup mudah bahkan merupakan bagian keseharian yang sering kita  lakukan.

Diantaranya bisa mendapatkan ide dari pengalaman hidup:  diri sendiri, teman, keluarga, serta masyarakat. Bisa dari bacaan dari majalah, koran, jurnal, ataupun media daring (online). Dan yang terakhir bisa dari tontonan melalui media film, sinetron, iklan, dll.

Pembicara keempat sekaligus terakhir dibawakan oleh Selamet Hariadi. Ia sudah lama menulis di Kompasiana mulai dari masa mahasiswanya dulu. Sama dengan Ikrom Zain ia juga kerap menjadi pemenang lomba blog competition, satu diantarnya adalah memenangkan tiket menonton Moto GP di Sepang Malaysia.

Selain hobi menulis ia kerap menjadi pembicara di beberapa event. Di acara Bolang ini ia membawakan materi tentang teknik optimalisasi konten di media sosial. Cara membawakan materi ia termasuk atraktif karena lebih mengutamakan dialog dengan para peserta. Yang pada akhirnya satu sama lain bisa saling mengemukakan pendapat untuk saling mengisi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x