Mohon tunggu...
Heru Tri Budi
Heru Tri Budi Mohon Tunggu... pemerhati kesehatan jiwa dan keluarga

Teman sharing keluarga dalam obrolan seputar kesehatan emosional, spiritual, relasional dalam keluarga

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Strategi Pertahanan Hidup Positif Selama Social Distancing

14 April 2020   18:50 Diperbarui: 14 April 2020   19:06 102 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Strategi Pertahanan Hidup Positif Selama Social Distancing
medium.com

Bekerja di rumah, belajar di rumah, ibadah di rumah selama pandemi Covid 19 membuat banyak orang menjadi bosan dan tertekan. Untuk sebagian orang yang terbiasa aktif dan banyak beraktifitas di luar rumah memang menjadi tekanan yang membuatnya sangat tidak nyaman jika harus selalu berada di rumah, walaupun di rumahnya sendiri dan bersama keluarga yang disayanginya.

Berikut ini sekedar tips praktis bagaimana kita bisa menikmati 'setiap hari di rumah' dan tetap mengalami kesehatan secara utuh.

1. JAGALAH PRODUKTIFITAS ANDA.

Usahakan untuk tetap melakukan hal-hal yang produktif. Buatlah agenda kerja dan target yang jelas selama di rumah. Ingat ini bukan liburan, tetapi melakukan pekerjaan dari rumah. Jadi jangan bermalas-malasan, kita harus tetap produktif.

2. JAGALAH KESEHATAN ROHANI ANDA. 

Manfaatkan waktu terbaik untuk beribadah secara pribadi maupun bersama keluarga. Di hari-hari normal kita biasanya kurang waktu dan kurang fokus untuk berdoa dan membaca kitab suci karena kesibukan kerja dan kelelahan fisik. 

Sekarang tidak ada lagi alasan, keputusan kitalah untuk memberikan waktu yang berkualitas dan terfokus untuk menikmati hubungan secara pribadi dengan Tuhan dan lebih mengenal Dia. 

3. JAGALAH KESEHATAN MENTAL ANDA.

Jangan biarkan informasi tentang virus Corona COVID 19 membanjiri pikiran Anda terus-menerus sehingga secara mental Anda dikuasai oleh situasi buruk yang diakibatkannya. Kalau mau update berita sekali atau dua kali sehari cukup. Isi pikiran Anda dengan berita-berita positif yang memberikan harapan, renungkan janji/firman Tuhan dan kebaikan Tuhan serta peluang-peluang positif melalui situasi sulit yang sedang kita hadapi saat ini. 

4. JAGA KESEHATAN EMOSI ANDA.

Perasaan bosan, cemas, kuatir dan takut akan membuat jiwa kita sakit. Fokus pikiran dan emosi yang bersifat negatif akan membuat mental dan emosi menjadi sakit. Untuk menjaga agar secara emosional Anda tetap sehat, buatlah diri Anda tetap berguna bagi orang lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN