Mohon tunggu...
Heru Riswan
Heru Riswan Mohon Tunggu... just a simple with complicated dream

orang yang akan pergi bersama angin,,calon seorang sosiolog. mantan barista

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Kopi Flores Bajawa dengan Aroma Tembakau

20 Oktober 2019   01:08 Diperbarui: 20 Oktober 2019   01:11 279 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kopi Flores Bajawa dengan Aroma Tembakau
coffeeland.co.id

Jika kita bertanya kopi indonesia apa yang sudah terkenal di dunia, rasanya sangat sulit utuk menyebutkan kopi mana yang menjadi primadona di dunia karena semua kopi origin dari seluruh nusantara menjadi kopi yang sangat di sukai di dunia mulai dari kopi aceh gayo dari sumatera, kopi java puntang dari jawa barat, kemudian toraja sulotco dari sulawesi dan masih banyak lagi kopi-kopi indonesia yang menjadi nomer satu di dunia.  

Bukan tanpa alasan mengapa kopi-kopi indonesia ini menjadi di gemari di seluruh dunia.  Kualitas kopi yang baik, kemudian dengan cita rasa yang unik rasanya menjadi kelebihan utama kopi indonesia, banyangkan setiap daerah di indonesia yang memiliki perkebunan kopi memiliki rasa yang dan ciri yang berbeda satu sama lain.  

Seperti kopi java preanger yang memiliki rasa nangka atau kopi bali kintamani yang memiliki rasa jeruk semua kopi tersebut memiliki ke khas an sendiri sehingga dapat bersaing dengan kopi-kopi di mancanegara.  

Faktor iklim serta cuaca menjadi faktor pendukung mengapa kopi indonesia memiliki kualitas terbaik di dunia, karena indonesia memiliki iklim yang tropis dan berada pada wilayah dengan cangkupan garis coffee belt atau daerah potensial untuk penanaman kopi.

Kali ini kita akan memcoba di daerah ujung timur indonesia yang sudah tak di ragukan lagi akan kualitas kopi yang baik.  Kopi flores bajawa adalah salah satu kopi yang sangat terkenal di Nusa Tenggara Timur (NTT), kopi bajawa ini merupakan kopi yang berasal dari kawasan dataran tinggi di kabupaten Ngada, Flores. 

Sebetulnya terdapar dua kopi single origin yang sudah sangat terkenal di flores yaitu kopi flores bajawa dan kopi flores manggarai kedua jenis kopi single origin ini merupakan kopi dengan varietas arabika. 

Masyarakat Ngada atau yang sering di sebut sebagai orang bajawa ini menjadikan kopi sebagai sumber utama penghasilan mereka dan sudah sangat lama membudidayakan kopi dengan varietas arabika.

bp-guide,com
bp-guide,com
Dataran tinggi Ngada sendiri berada di ketinggian antara 1000 sampai 1550 meter diatas pemukaan laut.  Dataran tinggi Ngada memiliki iklim dan curah hujan dengan intensitas sekitar 2500 mm pertahun.  Dengan faktor pendukung tersebutlah menjadikan dataran tinggi Ngada menjadi wilayah yang baik dalam penanaman kopi.  

Kopi sendiri sudah di budidayakan sejak lama oleh masyarakat disini, tanaman kopi flores bajawa di bawa oleh belanda untuk di budidayakan disini mengingat saat itu kopi menjadi salah satu komoditas terbaik untuk di perdagangkan disamping rempah-rempah.  

Saat ini perkebunan kopi di sini sudah di kelola secara serius oleh pemerintah sehingga pengelolaan nya menjadi baik dengan hasil produksi yang baik juga mengingat permintaan kopi yang tinggi terutama peminat kopi dari negara amerika dan eropa.

Kopi flores bajawa di proses sangat natural dan menggunakan pupuk organik serta tidak menggunakan pestisida dalam proses penanamannya.  Dengan cara seperti itu, kualitas kopi dari dataran pegunungan ngada ini terjamin kualitasnya serta menimbulkan rasa yang kuat, unik dan dan khas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x